PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PENJAJAHAN BANGSA EROPA DI INDONESIA

Aktivitas dalam pembelajaran IPS pada materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia kurang terlihat. Siswa terlihat pasif selama proses pembelajaran. Diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menunjang agar siswa mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya. Media pembelajaran ular tangga dap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: sumyanti, susi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3377/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03344 am a22002893u 4500
001 repoupi_30377
042 |a dc 
100 1 0 |a sumyanti, susi  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI PENJAJAHAN BANGSA EROPA DI INDONESIA 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/1/S_KDSERANG_1300406_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/2/S_KDSERANG_1300406_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/3/S_KDSERANG_1300406_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/4/S_KDSERANG_1300406_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/5/S_KDSERANG_1300406_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/6/S_KDSERANG_1300406_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/7/S_KDSERANG_1300406_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/8/S_KDSERANG_1300406_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/9/S_KDSERANG_1300406_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30377/10/S_KDSERANG_1300406_Apendix.pdf 
520 |a Aktivitas dalam pembelajaran IPS pada materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia kurang terlihat. Siswa terlihat pasif selama proses pembelajaran. Diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menunjang agar siswa mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya. Media pembelajaran ular tangga dapat menjadi salah satu media yang menunjang. Media pembelajaran ular tangga adalah media berupa papan permainan yang dimodifikasi. Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Purwakarta II. (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia di kelas V SDN Purwakarta II setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga. Media pembelajaran ular tangga terindikasi dapat memperbaiki aktivitas dan hasil belajar siswa berdasarkan tinjauan teori apabila diterapkan sesuai dengan prosedur. Alur penelitian PTK dengan desain Kemmis dan MC Taggart, yang meliputi dua siklus dan empat fase, yaitu merancang suatu perencanaan, memberikan tindakan perbaikan, melakukan pengamatan terhadap objek dan subjek penelitian dan refleksi, pada penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan pada kelas V SDN Purwakarta II dengan jumlah 31 siswa. Terlihat peningkatan aktivitas kegiatan belajar dan hasil belajar siswa ditunjukkan berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan. Diperoleh sebanyak 67,5% dari hasil observasi aktivitas siswa siklus 1 meningkat hingga 95% di siklus II. Nilai rerata kelas pra siklus adalah 61,61, pada siklus 1 63,87 dan mencapai hingga 84,51 di siklus II. Dengan demikian, ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran ular tangga berhasil meningkatkan aktivitas kegiatan siswa dan hasil belajar siswa di materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30377/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3377/