Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Software Geogebra Flash Berbasis Etnomatematika Sunda terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Sekolah Dasar

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang mengakibatkan pembelajaran matematika di sekolah dasar dianggap rendah atau menurun.Salah satunya yakni dengan tidak menggunakan sebuah media pembelajaran yang memadai dalam proses kegiatan pembelajaran, serta siswa beranggapan bahwa mat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: yuliantari, ira (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3378/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03924 am a22002893u 4500
001 repoupi_30378
042 |a dc 
100 1 0 |a yuliantari, ira  |e author 
245 0 0 |a Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Software Geogebra Flash Berbasis Etnomatematika Sunda terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Sekolah Dasar 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/1/S_KDSERANG_1300709_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/2/S_KDSERANG_1300709_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/3/S_KDSERANG_1300709_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/4/S_KDSERANG_1300709_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/5/S_KDSERANG_1300709_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/6/S_KDSERANG_1300709_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/7/S_KDSERANG_1300709_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/8/S_KDSERANG_1300709_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/9/S_KDSERANG_1300709_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30378/10/S_KDSERANG_1300709_Appendix.pdf 
520 |a Fakta di lapangan menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang mengakibatkan pembelajaran matematika di sekolah dasar dianggap rendah atau menurun.Salah satunya yakni dengan tidak menggunakan sebuah media pembelajaran yang memadai dalam proses kegiatan pembelajaran, serta siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit sehingga siswa tidak dapat menyerap pembelajaran dikelas dengan semestinya.Dengan salah satu masalah yang ditemukan dilapangan, peneliti memiliki ide atau alternatif untuk pembelajran matematika salah satunya dengan menawarkan solusi untuk mengatasainya yakni dengan menggunakan sebuah media pembelajaran yang berbasis teknologi yang digabungkan dengan pendekatan etnomatematika.Media berbasis teknologi yang dimaksud adalah pembelajaran dengan menggunakan aplikasi software geogebra flash berbasis etnomatematika Sunda.Melalui pembelajaran etnomatematika Sunda juga dapat mengembangkan pengetahuan dan karakter siswa dalam mengenal budaya Sunda.Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang menggunakan media pembelajaran software geogebra flash berbasis etnomatematika Sunda dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran software geogebra flash berbasis etnomatematika Sunda.Penelitian ini dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group dengan melaksanakan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Untuk kelas eksperimen mendapatkan suatu treatment (tindakan) yakni dengan penerapan penggunaan media pembelajaran software geogebra flash berbasis etnomatematika Sunda, namun untuk kelas kontrol dengan pembelajaran yang konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni instumen test dan non test.Skala sikap, observasi serta wawancara yang dilakukannya setelah selesai pembelajaran.Hasil dari penelitian yang diperoleh bahwa untuk kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dikelas eksperimen menunjukkan lebih baik daripada kelas kontrol dengan pembelajaran yang konvensional, hal ini ditunjukkan oleh nilai rerata siswa pada saat posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 14,3, kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 10,3. Dengan begitu bahwa kelas eksperimen mendapatkan nilai lebih unggul dibanding kelas kontrol, maka pada penelitian ini didapatnya perbedaan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada kelas eksperimen dngan pembelajaran software geogebra flash berbasis etnomatematika Sunda daripada kelas kontrol yang pembelajarannya konvensional. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30378/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3378/