PENGARUH MEDIA LIDIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA SUNDA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA OPERASI PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR

Adakalanya membutuhkan inovasi baru upaya melunturkan kesan kaku dan sulit pada aktivitas pembelajaran matematika. Dengan opsi penggunaan media pembelajaran yang menarik. Kenyatannya, memahami materi perkalian biasa dilakukan dengan menghafal, kemampuan pemecahaan masalah penting untuk dikembangkan....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: citra, retno juliar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/338/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02728 am a22002893u 4500
001 repoupi_30380
042 |a dc 
100 1 0 |a citra, retno juliar  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MEDIA LIDIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA SUNDA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA OPERASI PERKALIAN SISWA SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/1/S_KDSERANG_1301130_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/2/S_KDSERANG_1301130_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/3/S_KDSERANG_1301130_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/4/S_KDSERANG_1301130_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/5/S_KDSERANG_1301130_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/6/S_KDSERANG_1301130_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/7/S_KDSERANG_1301130_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/8/S_KDSERANG_1301130_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/9/S_KDSERANG_1301130_Appendix.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30380/10/S_KDSERANG_1301130_Bibliography.pdf 
520 |a Adakalanya membutuhkan inovasi baru upaya melunturkan kesan kaku dan sulit pada aktivitas pembelajaran matematika. Dengan opsi penggunaan media pembelajaran yang menarik. Kenyatannya, memahami materi perkalian biasa dilakukan dengan menghafal, kemampuan pemecahaan masalah penting untuk dikembangkan. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh media lidimatika dalam pembelajaran etnomatematika Sunda untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Pelaksanaan di SD Negeri Taman Kecamatan Taktakan pada kelas II tahun ajaran 2016/2017. Kelompok belajar eksperimen dan kontrol terdiri dari 24 siswa disetiap kelas. Menggunakan metode quasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Hasil diperoleh dari analisis instrumen penelitian. Yaitu, rerata skor posttest kelas eksperimen 11,58 dan kontrol 8,00, terdapat peningkatan. Kelas eskperimen lebih unggul, pembelajaran etnomatematika Sunda menggunakan media lidimatika lebih baik dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dibandingkan pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan pada kelompok tinggi, sedang dan rendah kelas eksperimen. Hasil non tes menunjukkan siswa memberi respon baik dan antusias. Diharapkan perlu adanya dukungan terhadap media dan pembelajaran yang masih tergolong baru untuk terus dikembangkan dan diperkenalkan dalam proses pembelajaran. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30380/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/338/