Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Kemampuan generalisasi matematis kurang dikembangkan oleh pendidik, padahal kemampuan tersebut sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk dapat menyimpulkan suatu pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Untuk itu diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: rahmawati, erni (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3383/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03300 am a22002773u 4500
001 repoupi_30383
042 |a dc 
100 1 0 |a rahmawati, erni  |e author 
245 0 0 |a Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa Sekolah Dasar 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/1/S_KDSERANG_1303615_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/2/S_KDSERANG_1303615_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/3/S_KDSERANG_1303615_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/4/S_KDSERANG_1303615_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/5/S_KDSERANG_1303615_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/6/S_KDSERANG_1303615_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/7/S_KDSERANG_1303615_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/8/S_KDSERANG_1303615_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30383/9/S_KDSERANG_1303615_Bibliography.pdf 
520 |a Kemampuan generalisasi matematis kurang dikembangkan oleh pendidik, padahal kemampuan tersebut sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk dapat menyimpulkan suatu pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Untuk itu diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan generalisasi matematis peserta didik, alternatif yang dipilih dalam penelitian ini yaitu pembelajaran etnomatematika Sunda. Alasan dipilihnya pembelajaran ini yakni karena dalam proses pembelajarannya etnomatematika memperhatikan nilai-nilai kebudayaan yang ada di sekitar, hal ini akan membuat motivasi anak meningkat, karena dalam proses pembelajaran dikaitkan dengan dunia yang ada di sekitar. Kebudayaan Sunda yang dipilih yakni berupa permainan Sunda yang disebut permainan ucing jidar. Metode yang dipilih dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini membutuhkan 2 kelas yaitu kelas percobaan dan kelas kontrol. Kelas percobaan diberikan perlakuan dengan pembelajaran etnomatematika Sunda. Untuk kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran secara konvensional yaitu pembelajaran yang masih bersifat kurang inovatif. Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini yakni menguji kevalidan soal terlebih dahulu, melakukan pretes, pemberian perlakuan kepada kedua kelas, dan melakukan postes. Selanjutnya yaitu mengumpulkan data non tes yang dilakukan hanya pada kelas percobaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran etnomatematika Sunda terhadap kemampuan generalisasi matematis peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata postes pada kelas percobaan sebesar 11,36 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes yaitu sebesar 9,73. Analisis terhadap instrumen non tes dapat disimpulkan bahwa peserta didik mengungkapkan respon yang positif pada pembelajaran etnomatematika Sunda. Peserta didik pun sangat antusiass saat proses pembelajaran di kelas, mereka mengikuti langkah-langkah pembelajaran dengan tertib dan kondusif. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30383/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3383/