EVALUASI SEBARAN LOKASI SEKOLAH JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KECAMATAN CISOLOK KABUPATEN SUKABUMI

Kecamatan Cisolok merupakan salah satu kecamatan yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Provinsi Banten, menjadikan kecamatan ini salah satu wilayah yang kurang terperhatikan oleh pemerintah kabupaten, terlebih Kabupaten sukabumi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hamdanah, Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3438/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kecamatan Cisolok merupakan salah satu kecamatan yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Provinsi Banten, menjadikan kecamatan ini salah satu wilayah yang kurang terperhatikan oleh pemerintah kabupaten, terlebih Kabupaten sukabumi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat dengan APK dan APM yang masih rendah untuk tingkat sekolah menengah pertama. Sebaran lokasi sekolah yang tidak merata mengindikasikan kurangnya pemerataan pendidikan. Pola sebaran lokasi sekolah dianalisis untuk mengetahui pemerataan sekolah dan jangkauan pelayanan sekolah serta melihat kesesuaian lokasi sekolah berdasarkan faktor fisik dan faktor sosial wilayah Kecamatan Cisolok. Penelitian ini menggunakan metode deskrtiptif. Sistem Informasi geografis merupakan alat yang dapat dipakai untuk memetakan sebaran lokasi sekolah dan kondisi sosial serta fisik yang ada di lapangan. Faktor fisik yang harus diperhatikan yaitu penggunaan lahan dan kemiringan lereng untuk lokasi sekolah, sedangkan faktor sosial yang harus diperhatikan yaitu jumlah penduduk dan kedekatan lokasi sekolah terhadap aksesibilitas dan jangkauan pelayanan sekolah terhadap penduduk sesuai dengan peraturan pemerintah. Penelitian sebaran lokasi sekolah menggunakan sampel jenuh agar dapat melihat sebaran lokasi sekolah secara keseluruhan. Berdasarkan analisis tetangga terdekat, pola sebaran lokasi sekolah di Kecamatan Cisolok memiliki pola mengelompok pada wilayah-wilayah tertentu dengan jangkauan pelayanan belum terlayani seluruhnya oleh sebaran sekolah yang telah ada. Berdasarkan kondisi fisik penggunaan lahan lokasi sekolah cenderung dekat dengan wilayah pemukiman dan banyak sekolah yang berada pada kemiringan lereng yang cukup curam. Berdasarkan kondisi sosial perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah sekolah yang ada di kecamatan ini mengalami kelebihan sekolah dan memiliki kedekatan dengan jalan sebagai aksesibilitas, sehingga mudah diakses oleh penduduk sekitar.;--- Cisolok sub-district is the one of sub-district locaten in the border of Sukabumi regency with Banten province, this district is the one of su-district that is not considered by the district goverment, especially Sukabumi regency is the one of regencies in West Java Province with APK and APM which is still low for junior hight school. Uneven distribution of school location indicates a lack of equity in education. The pattern of location distribution was analyzed to know the distribution of school and the reach of school service and to see the suitability of school location based on physical factor and sicial factor of Cisolok subdistrict. This research uses descriptive method. Geographic information system is a tool that can be used to map the the distribution of school location and social and physical conditions that exist in the field. Physical factors that must be considered are land use and slope for school location, while social factors that mush be considered are populatin and proximity of school location to accessibility in accordance with goverment regulation. Research te distribution of school location using saturated samples in order to see the overall distribution of school location. Based on the nearst neighbor analysis, the pattern of distribution location in Cisolok subdistrict has clustered pattern in certain area of territory with unserved service coverage all with existing school distribution. Based on physical nature of land use the location of the school tends to be close to the settelment area and according to the slopes of many schools that are on fairly steep slope. Based on the social condition considered the population wich the number of school in this subdistrict experience the advantages of schools and have proximity to the road as accessibility, making it easily accessible by the population.
Item Description:http://repository.upi.edu/30438/1/S_GEO_1307308_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30438/2/S_GEO_1307308_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30438/3/S_GEO_1307308_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30438/4/S_GEO_1307308_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30438/4/S_GEO_1307308_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30438/5/S_GEO_1307308_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30438/6/S_GEO_1307308_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30438/7/S_GEO_1307308_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30438/8/S_GEO_1307308_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30438/9/S_GEO_1307308_Appendix.pdf