PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN CICERI TAHUN AJARAN 2016/2017

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil Pengamatan dan wawancara terhadap guru kelas V di SDN Ciceri yang pada proses pembelajaran IPS masih jarang sekali menggunakan alat bantu mengajar salah satu contohnya yaitu penggunaan media pembelajaran. Guru hanya menggunakan buku pelajaran dan cara menya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: restriana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3495/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03645 am a22002893u 4500
001 repoupi_30495
042 |a dc 
100 1 0 |a restriana, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN CICERI TAHUN AJARAN 2016/2017 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/1/S_KDSERANG_1304225_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/2/S_KDSERANG_1304225_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/3/S_KDSERANG_1304225_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/4/S_KDSERANG_1304225_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/5/S_KDSERANG_1304225_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/6/S_KDSERANG_1304225_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/7/S_KDSERANG_1304225_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/8/S_KDSERANG_1304225_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/9/S_KDSERANG_1304225_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30495/10/S_KDSERANG_1304225_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil Pengamatan dan wawancara terhadap guru kelas V di SDN Ciceri yang pada proses pembelajaran IPS masih jarang sekali menggunakan alat bantu mengajar salah satu contohnya yaitu penggunaan media pembelajaran. Guru hanya menggunakan buku pelajaran dan cara menyampaikan materi hanya dengan metode ceramah, padahal usia murid sekolah dasar akan mudah paham apabila menggunakan bantuan media yang menarik dan menyenangkan. Dari sekian banyak pilihan media pembelajaran, salah satu yang dapat digunakan yaitu multimedia interaktif CAI (Computer Assisted Instruction) model tutorial yang merupakan media pembelajaran berbasis komputer. Dalam pembuatannya dapat menggunakan berbagai macam software, salah satunya yaitu dengan Microsoft Office PowerPoint. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi Experimental Design dengan memilih bentuk Nonequivalent Control Group Design. Oleh karena itu, pendekatan yang dipilih yaitu pendekatan kuantitatif untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar murid kelas kontrol dan eksperimen. Dalam penelitian eksperimen ini populasi yang digunakan yaitu murid SDN Ciceri, adapun sampelnya yaitu kelas VA dan kelas VB SDN Ciceri yang keduanya sama-sama berjumlah 40 orang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif CAI model tutorial pada hasil belajar murid pada pembelajaran IPS materi menghargai suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data uji-t dan juga rata-rata dari pretest dan posttest yang diperoleh kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen yaitu dari 47.63 menjadi 60.75, sedangkan rata-rata kelas kontrol 44.25 menjadi 54.50. Dengan demikian, maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar murid kelas eksperimen yang telah mendapatkan treatment pada saat proses pembelajaran, sehingga disarankan bagi guru untuk memanfaatkan multimedia interaktif CAI model tutorial ini pada pembelajaran IPS agar dapat membantu murid dalam memahami materi dan lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran serta mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30495/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3495/