ANALISIS PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA ANTOLOGI CERPEN KECIL-KECIL PUNYA KARYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS KALIMAT MAJEMUK SETARA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Menulis merupakan, salah satu kegiatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan menulis, siswa dapat menuangkan ide atau gagasan berdasarkan pemikiran diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Pelajaran menulis di SD sudah diterapkan, salah satunya, yaitu menulis kalimat majemuk setara pada ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: kusumawardhani, dewi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3498/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03563 am a22002893u 4500
001 repoupi_30498
042 |a dc 
100 1 0 |a kusumawardhani, dewi  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS PENGGUNAAN KONJUNGSI PADA ANTOLOGI CERPEN KECIL-KECIL PUNYA KARYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS KALIMAT MAJEMUK SETARA DI KELAS V SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/1/S_KDSERANG_1304484_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/2/S_KDSERANG_1304484_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/3/S_KDSERANG_1304484_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/4/S_KDSERANG_1304484_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/5/S_KDSERANG_1304484_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/6/S_KDSERANG_1304484_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/7/S_KDSERANG_1304484_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/8/S_KDSERANG_1304484_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/9/S_KDSERANG_1304484_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30498/10/S_KDSERANG_1304484_Appendix.pdf 
520 |a Menulis merupakan, salah satu kegiatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dengan menulis, siswa dapat menuangkan ide atau gagasan berdasarkan pemikiran diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Pelajaran menulis di SD sudah diterapkan, salah satunya, yaitu menulis kalimat majemuk setara pada kelas V SD. Pada pembelajaran tersebut, siswa diharapkan sudah mampu untuk membuat kalimat majemuk setara dengan tepat dan dapat membuat kalimatnya dengan menggunakan kata-kata sendiri. Pada kalimat majemuk setara, dibutuhkan penggunaan konjungsi yang sesuai dengan fungsinya, agar dalam membuat kalimat tidak salah dalam maknanya. Namun pada kenyataannya, masih ada siswa yang belum dapat membuat kalimat majemuk setara dengan tepat. Berdasarkan hal tersebut peran dari guru dibutuhkan, terutama pada bahan ajar yang digunakan, harus dapat mudah dimengerti oleh siswa. Oleh karena itu, peneliti membuat inovasi dalam membuat bahan ajar agar pembelajaran dapat lebih bermakna. Peneliti menganalisis macam-macam konjungsi, pada antologi kecil-kecil punya karya yang berjudul Rinduku Untuk Mama. Analisis tersebut untuk dijadikan bahan ajar, membahas tentang (1) penggunaan konjungsi (2) Mengelompokan macam-macam konjungsi (3) Menguraikan informasi mengenai penggunaan konjungsi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi. Hasil analisis konjungsi yang ditemukan pada antologi cerpen KKPK, yaitu diperolehnya tiga macam konjungsi yang digunakan adalah konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif dan konjungsi antar kalimat. Selain itu dalam penggunaannya pun terdapat konjungsi yang sesuai dengan fungsinya sebanyak 224, namun ada juga yang tidak sesuai dengan fungsinya sebanyak 15. Setelah dihasilkannya bahan ajar menulis kalimat majemuk setara. Setelah diaplikasi, respon siswa sangat antusias melihat dan menggunakan bahan ajar tersebut. Dari hasil uji coba yang dilakukan pada siswa kelas V dapat disimpulkan, bahwa bahan ajar yang dibuat dapat menarik minat siswa karena, bahan ajar dibuat dengan disertai gambar kartun dan berwarna-warni. Hal ini terlihat dari hasil pekerjaan siswa yang sudah dapat membuat kalimat majemuk setara cukup baik 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30498/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3498/