Analisis Pemakaian Kalimat Interogatif dalam novel Perjuangan Kantong Plastik Karya Gol A Gong dan Tias Tatanka Sebagai Alternatif Pembuatan Bahan Pembelajaran Wawancara di Kelas V Sekolah Dasar

Analisis Pemakaian Kalimat Interogatif dalam novel Perjuangan Kantong Plastik Karya Gol A Gong dan Tias Tatanka Sebagai Alternatif Pembuatan Bahan Pembelajaran Wawancara di Kelas V Sekolah Dasar". Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan pembelajaran yang inovatif. Bahan pembelajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: nurbaeti, eti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/352/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Analisis Pemakaian Kalimat Interogatif dalam novel Perjuangan Kantong Plastik Karya Gol A Gong dan Tias Tatanka Sebagai Alternatif Pembuatan Bahan Pembelajaran Wawancara di Kelas V Sekolah Dasar". Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahan pembelajaran yang inovatif. Bahan pembelajaran seharusnya merupakan hasil penelitian guna mendapatkan hasil yang maksimal. Peneliti melakukan analisis pemakaian kalimat interogatif untuk membuat bahan pembelajaran wawancara. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Berdasarkan analisis terhadap pemakaian kalimat interogatif dalam novel didapatkan pemakaian kalimat yang menggunakan kata tanya dan yang tidak menggunakan kata tanya. Kata tanya yang digunakan diantaranya apa, siapa, mengapa, kenapa, bagaimana, mana, kapan, dan berapa. Kalimat interogatif yang tidak menggunakan kata tanya ditandai dengan adanya tanda tanya (?) diakhir kalimat serta adanya intonasi yang naik dalam bahasa lisan. Selain itu, kalimat interogatif dapat dibentuk dengan hanya satu kata atau dengan menambahkan kata bukankah diawal kalimat atau kata bukan diakhir kalimat. Pemakaian kalimat interogatif ini dapat dianalisis dan dijadikan sebuah bahan pembelajaran. Oleh Karena itu, pada penelitian ini menghasilkan suatu bahan pembelajaran wawancara bagi siswa kelas V Sekolah Dasar.
Item Description:http://repository.upi.edu/30520/1/S_KDSERANG_1305411_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30520/2/S_KDSERANG_1305411_1305411_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30520/3/S_KDSERANG_1305411_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30520/4/S_KDSERANG_1305411_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30520/5/S_KDSERANG_1305411_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30520/6/S_KDSERANG_1305411_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30520/7/S_KDSERANG_1305411_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30520/8/S_KDSERANG_1305411_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30520/9/S_KDSERANG_1305411_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30520/10/S_KDSERANG_1305411_Appendix.pdf