MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IKRAR

Latar belakang pengambilan judul ini, yaitu masalah yang ditemukan pada siswa kelas IV SDN Kuranji yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika belum mencapai KKM 65 pada materi pecahan. Hasil evaluasi prasiklus rata-rata mencapai 51,79. Hasil observasi ditemukan pembelajaran.yang di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: arini, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3536/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03270 am a22002893u 4500
001 repoupi_30536
042 |a dc 
100 1 0 |a arini, -  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IKRAR 
260 |c 2017-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/1/S_KDSERANG_1305716_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/2/S_KDSERANG_1305717_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/3/S_KDSERANG_1305716_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/4/S_KDSERANG_1305716_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/5/S_KDSERANG_1305716_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/6/S_KDSERANG_1305716_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/7/S_KDSERANG_1305716_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/8/S_KDSERANG_1305716_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/9/S_KDSERANG_1305716_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30536/10/S_KDSERANG_1305716_Appendix.pdf 
520 |a Latar belakang pengambilan judul ini, yaitu masalah yang ditemukan pada siswa kelas IV SDN Kuranji yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika belum mencapai KKM 65 pada materi pecahan. Hasil evaluasi prasiklus rata-rata mencapai 51,79. Hasil observasi ditemukan pembelajaran.yang dilakukan guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Sebab itu, peneliti tergerak melakukan penelitian tentang aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran yang relevan, yaitu model pembelajaran IKRAR. Tujuannya mengolah, menganalisa, dan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil kemampuan yang ditemukan dengan penerapan model pembalajaran IKRAR. Dalam menyokong penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode PTK dengan model Kemmis dan McTaggart mulai dari tahapan pra siklus hingga siklus II pada 19 orang siswa kelas IV SDN Kuranji. Pada tahapan pra siklus peneliti melakukan observasi dan refleksi, sedangkan siklus I dan II peneliti melakukan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Data yang ditemukan menunjukan persentase aktivitas guru 80, aktivitas siswa 67,4, dan rata-rata kemampuan siswa 63,79 pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan aktivitas guru mencapai 100, aktivitas siswa mencapai 87,37, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mencapai 77,79. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran IKRAR mampu meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pecahan. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan kepada guru, sekolah, maupun pihak terkait untuk menerapkan model pembelajaran IKRAR dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan maupun materi lainnya yang relevan. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30536/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3536/