PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJAR PADA MATERI PENTINGNYA SEMANGAT KERJA

Hal yang sangat mendasari dari penelitian yang dilakukan di SD Negeri Umbul Kapuk adalah terkait keantusiasan dan fokus pelajar terhadap pembelajaran yang terjadi di kelas, khususnya pada pembelajaran IPS. Hal ini yang masih terlihat sangat kurangnya adalah terkait metode yang diterapkan oleh guru k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: setianingrum, yulinarti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3539/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hal yang sangat mendasari dari penelitian yang dilakukan di SD Negeri Umbul Kapuk adalah terkait keantusiasan dan fokus pelajar terhadap pembelajaran yang terjadi di kelas, khususnya pada pembelajaran IPS. Hal ini yang masih terlihat sangat kurangnya adalah terkait metode yang diterapkan oleh guru kelas saat menyampaikan materi, masih menggunakan metode klasikal atau metode yang diterapkan tidak variatif dan terkesan monoton. Sehingga pelajar pun menjadi mudah bosan dan jenuh. Ada juga tujuan nan peneliti capai dalam pengulikan ialah untuk membantu guru dalam penerapan metode hypnoteaching pada materi pentingnya semangat kerja dan meningkatkan hasil belajar pelajar dikelas III SD pada materi pentingnya semangat kerja. Sedangkan metode yang diterapkan pada pengulikan ialah action research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti menggunakan II siklus pada pengulikan ini, dengan instrumen yang disediakan meliputi observasi aktivitas pelajar, observasi KBM guru, tes tulis dan wawancara. Pelaku PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ialah kegiatan belajar mengajar pelajar kelas III SD Negeri Umbul Kapuk sejumlah 29 pelajar nan terdiri dari 18 pelajar pria dan 11 pelajar wanita. Ada juga perolehan yang muncul dari tahapan-tahapan yang telah dilakukan pada penelitian ini ialah percobaan I hasil observasi aktivitas pelajar memperoleh nilai 87,5 dan hasil observasi guru memperoleh nilai 81,25. Sedangkan pada siklus II hasil pengamatan aktivitas pelajar dan perolehan mengamat guru mencapai 93,75 dan 87,5. Terlihat dari hasil yang diperoleh peneliti bahwa metode hypnoteaching terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pelajar, dan kinerja guru dalam menerapkan metode hypnoteaching.diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat meningkatkan motivasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran di kelas nan bisa menjadikan pelajar senang menuntut ilmu, dan menjadi insan cerdas nan hebat.
Item Description:http://repository.upi.edu/30539/1/S_KDSERANG_1305938_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/30539/2/S_KDSERANG_1305938_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30539/3/S_KDSERANG_1305938_Table%20of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/30539/4/S_KDSERANG_1305938_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/30539/5/S_KDSERANG_1305938_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/30539/6/S_KDSERANG_1305938_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/30539/7/S_KDSERANG_1305938_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/30539/8/S_KDSERANG_1305938_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/30539/9/S_KDSERANG_1305938_Bibliografi.pdf
http://repository.upi.edu/30539/10/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf