PENERAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Pengajaran bahasa Indonesia di SD mempunyai empat aspek penilaian, diantaranya baca, tulis, dengar, dan bicara. Kali ini peneliti menguji kemampuan menulis siswa, karena melalui kegiatan menulis siswa dapat mengkomunikasikan gagasan ataupun pengalamannya dalam bahasa tulis, ini dapat disebut dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: aristi, ira junia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3546/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pengajaran bahasa Indonesia di SD mempunyai empat aspek penilaian, diantaranya baca, tulis, dengar, dan bicara. Kali ini peneliti menguji kemampuan menulis siswa, karena melalui kegiatan menulis siswa dapat mengkomunikasikan gagasan ataupun pengalamannya dalam bahasa tulis, ini dapat disebut dengan komunikasi tertulis. Salah satu materi pembelajaran menulis di sekolah adalah mengarang. Menyampaikan suatu ide pikiran dengan menggunakan tulisan merupakan dasar dari sebuah karangan. Ide pikiran dapat ditulis membentuk paragraf dan akan menjadi sebuah karangan yang runtut. Gagasan yang dituangkan dalam bentuk tulisan dimaksudkan penulis agar pembaca dapat mengerti apa yang menjadi ide pikirannya. Pada saat kegiatan, peneliti menggunakan PTK (Classroom Action Reasearch) dalam meniliti siswa. PTK merupakan penelitian kolaborasi antara guru dan peneliti. Peneliti harus terlibat langsung sejak awal pada kegiatan tersebut. Adapun kelebihan dari kegiatan tindakan kelas ini, PTK dilakukan tidak hanya satu orang saja, akan tetapi kolaborasi yang serasi antara guru kelas dan peneliti. Berdasarkan hasil tes menulis karangan narasi yang telah di gambarkan, terlihat adanya peningkatan hasil menulis karangan narasi yang signifikan dari sebelum dilakukannya siklus I sampai setelah siklus II. meningkatnya hasil tes menulis karangan narasi, menunjukkan keefektifan penerapan model mind mapping dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia khususnya menulis karangan narasi. Peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus (61,7), lalu kegiatan siklus I (66,7), dan kegiatan siklus II (74,5).
Item Description:http://repository.upi.edu/30546/1/S_KDSERANG_1306646_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30546/2/S_KDSERANG_1306646_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30546/3/S_KDSERANG_1306646_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30546/4/S_KDSERANG_1306646_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30546/5/S_KDSERANG_1306646_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30546/6/S_KDSERANG_1306646_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30546/7/S_KDSERANG_1306646_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30546/8/S_KDSERANG_1306646_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30546/9/S_KDSERANG_1306646_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30546/10/S_KDSERANG_1306646_Appendix.pdf