PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning melalui model numbered h...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sefiana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3562/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05061 am a22003253u 4500
001 repoupi_30562
042 |a dc 
100 1 0 |a Sefiana, -  |e author 
245 0 0 |a PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER 
260 |c 2016-06-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/1/S_MAT_1204947_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/2/S_MAT_1204947_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/3/S_MAT_1204947_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/4/S_MAT_1204947_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/5/S_MAT_1204947_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/6/S_MAT_1204947_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/7/S_MAT_1204947_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/8/S_MAT_1204947_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/9/S_MAT_1204947_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30562/10/S_MAT_1204947_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbandingan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning melalui model numbered heads together dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. (2) untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning melalui model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Lembang tahun ajaran 2015/2016 dan sampel penelitian ini adalah siswa dari dua kelas pada sekolah tersebut, yang mana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning melalui model numbered heads together dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran secara konvensional. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, angket, lembar observasi, dan jurnal harian. Hasil penelitian ini adalah: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning melalui model numbered heads together lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajara secara konvensional. (2) siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning melalui model numbered heads together. Kata Kunci: Pendekatan contextual teaching and learning, model numbered heads together, kemampuan pemecahan masalah matematis. The background of this research was the lack of mathematical problem solving skills. The aims of this research was (1) to compare the improvement of mathematical problem solving skills on junior high school students using contextual teaching and learning approach through numbered heads together model and students that get conventional learning, (2) to determine the students attitude toward contextual teaching and learning approach through numbered head together model to improve the mathematical problem solving skills on junior high school students. The method of this research was quasi experiment. The population of this research was all 7th grade students at one of junior high school in Lembang on 2015/2016 academic year and the sample in this research were two classes from that school, one class as the experiment class and the other as the control class. The experiment class using contextual teaching and learning approach through numbered head together model and the control class with conventional learning. The instrument of this research was obtain from mathematical problem solving skills test, questionnaire, observation sheet and daily journals. The result of this research showed that (1) the improvement of mathematical problem solving skills students who learned contextual teaching and learning approach through numbered head together model is higher than student who learned conventional learning, (2) student give positive attitude toward contextual teaching and learning approach through numbered head together model to enhance the mathematical problem solving skills on junior high school students. Keyword : contextual teaching and learning approach, numbered head together model, mathematical problem solving skill. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30562/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3562/