TARI TEREMBEL KARYA MAS NANU MUDA DI PADEPOKAN KALANG KAMUNING

Penelitian berjudul Tari Terembel Karya Mas Nanu Muda Di Padepokan Kalang Kamuning, ini dilaksanakan di Padepokan Kalang Kamuning dengan narasumber Mas Nanu Muda, Yanto Susanto, Tresna Herdianti, Cucu. Penelitian ini dirumuskan untuk mengetahui ragam gerak koreografi, musik pengiring, serta rias dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurdewi, Nova (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3619/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04532 am a22003253u 4500
001 repoupi_30619
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurdewi, Nova  |e author 
245 0 0 |a TARI TEREMBEL KARYA MAS NANU MUDA DI PADEPOKAN KALANG KAMUNING 
260 |c 2017-06-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/1/S_STR_1305036_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/2/S_STR_1305036_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/3/S_STR_1305036_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/4/S_STR_1305036_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/5/S_STR_1305036_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/6/S_STR_1305036_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/7/S_STR_1305036_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/8/S_STR_1305036_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/9/S_STR_1305036_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30619/10/S_STR_1305036_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian berjudul Tari Terembel Karya Mas Nanu Muda Di Padepokan Kalang Kamuning, ini dilaksanakan di Padepokan Kalang Kamuning dengan narasumber Mas Nanu Muda, Yanto Susanto, Tresna Herdianti, Cucu. Penelitian ini dirumuskan untuk mengetahui ragam gerak koreografi, musik pengiring, serta rias dan busana pada tari Terembel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, yang fokus pada bagian teks dan konteks tarinya. Berdasarkan hasil peneliti, Tari Terembel ini merupakan tari kreasi baru yang diambil dari rumpun tari Rakyat yang pada awalnya hanya judul lagu Ketuk Tiluan dan pada akhirnya disusun ragam gerak koreografinya oleh Mas Nanu Muda. Secara tekstual memiliki 3 ragam gerak yaitu, kategori locomotion (berpindah tempat), pure movement (gerak murni), gesture (maknawi). Berdasarkan kajian peneliti terdapat 81 ragam gerak tari Terembel dengan koreografi gerak yang terdapat pada tarian ini yang diambil dari bajidoran, ketuk tiluan, jaipong dan pencak silat. Dilihat dari penggunaan rias dan busana pada tari Terembel ini mengacu pada rias corrective. Busana yang dikenakan pada tarian ini mengacu pada ketuk tiluan yang mengenakan kebaya dan samping dan asesoris yang sederhana dan mengenakan sampur yang mempunya ciri khas yaitu 1 dikenakan pada bahu kanan ke bawah pinggang kiri ditali itulah salah satu ciri khas busana yang dikenakan pada tari Terembel Karya Mas Nanu Muda dengan menyesuaikan ragam gerak dari Lagu Terembel yang pada awalnya hanya lagu Ketuk Tiluan yang ciptakan pada tahun 1985 yang berkembang di Karawang dan direvitalisasi oleh Mas Nanu Muda sebagai Tarian. Research titled "Tari Terembel Karya Mas Nanu Muda Di Padepokan Kalang Kamuning", which is held in Padepokan Kalang Kamuning with Mas Nanu Muda, Yanto Susanto, Tresna Herdianti, and Cucu as the interviewees. This research is formulated to know the choreography moves variety, the backsound, makeup and costume of Tari Terembel. The method of this research is descriptive analysis with qualitative oncoming, which focused on the text and the movement context. Based on the research, this Tari Terembel is a new dance creations which adopted from Tari Rakyat cluster, which is just a Ketuk Tiluan song title at first and the movement composed by Mas Nanu Muda. Textually, Tari Terembel has three coreography varieties, they are locomotion, pure movement, and gesture categories. According to the researchers' study, there are 81 Tari Terembel's coreography moves variety which adopted from Bajidoran, Ketuk Tiluan, Jaipong and Pecak Silat moves. This Tari Terembel is reffering to the corrective makeup, seen from the makeup and it's costume. A Charged costumes in this kind of dance referring to Ketuk Tiluan which is putting on kebaya and other simple accesories as sampur that has itself characteristic that is wear on the right shoulder and tied on the bottom of left-waist. That is the costume's characteristic of Tari Terembel worked by Mas Nanu Muda with adapting movement variety of Terembel song which just a Ketuk Tiluan song at first in 1985. It's developed in Karawang and revitalized by Mas Nanu Muda as a dance. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a NX Arts in general 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30619/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3619/