UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KONSENTRASI PADA PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI METODE BRAINSTORMING: Studi PTK Pada Siswa Kelas X.1 SMAN 1 Lingga

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapatnya didepan umum. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, adapun tujuan dari penelitaian adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat melalui metode Brains...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mayendra, Aditya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/362/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapatnya didepan umum. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, adapun tujuan dari penelitaian adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat melalui metode Brainstorming.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas atau PTK yang dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Yang mana dalam taiap tahapan pada siklus I dan Siklus II berisi tahapan-tahapan berupa perencanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes konsentrasi.Berdasarkan pengolahan data hasil analisis dan pembahasan terhadap tingkat kepercayaan diri dan konsentrasi siswa pada tiap siklus semakin meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari perolehan data sebagai berikut: pada pra siklus persantase jumlah siswa yang berani mengungkapkan pendapat ialah 13,79% dan untuk skor hasil tes konsentrasi masih sangat rendah. Pada siklus I persentase jumlah siswa yang berani mengungkapkan pendapat ialah 52,72% dan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan konsentrasi ialah 65,52%. Lalu pada siklus II persentase jumlah siswa yang berani berpendapat ialah 79,31% dan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan konsentrasi ialah 79,31%.Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa penggunaan metode brainstorming dapat meningkatkan kepercayaan diri dan konsentrasi siswa.Guru hendaknya menerapkan metode brain storming pada pembelajaran guna membuat siswa terbiasa mengemukakan pendapatnya didepan umum. Kepala sekolah dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan bimbingan profesional bagi guru-guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. The purpose of this study is to investigate the effect of using brainstorm strategy in developing creative problem solving skills among female students in princess Alia University College. The sample of the study consisted of (98) female students. The sample was distributed into two classes, the first represents the experimental group totaling (47) students taught through brainstorming strategy within the course of developing thinking skills in the academic year 2016/2017, and the second represents the control group totaling (51) students. The instruments of this study were a program to use brainstorming strategy and Torrance creative thinking test. Both validity and reliability were checked by the researcher. The findings of the study showed that there are statistical significant differences at the level of (α = 0.05) between the experimental group and the control group in the total score and the sub scores of the creative thinking in the favor of the experimental group indicating the effectiveness of using brainstorming strategy in developing creative thinking skills. The researcher recommended the use of this strategy in universities as well as conducting more studies regarding its effect by using other samples in different environments.
Item Description:http://repository.upi.edu/30620/1/S_PJKR_1100970_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30620/2/S_PJKR_1100970_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30620/3/S_PJKR_1100970_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30620/4/S_PJKR_1100970_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30620/5/S_PJKR_1100970_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30620/6/S_PJKR_1100970_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30620/7/S_PJKR_1100970_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30620/8/S_PJKR_1100970_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30620/9/S_PJKR_1100970_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30620/10/S_PJKR_1100970_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/30620/11/S_PJKR_1100970_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/30620/12/S_PJKR_1100970_Appendix3.pdf