IMPLEMENTASI KONSEP TUT WURI HANDAYANI DALAM PENDIDIKAN : Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 4 Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara relevensinya dengan implementasinya terhadap praktek pendidikan. Namun dikhususkan penelitian ini mencakup: (1) Menganalisis cara mengimplementasikan Konsep Tut Wuri Handayani terhadap proses...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Indriani, Meilina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/368/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara relevensinya dengan implementasinya terhadap praktek pendidikan. Namun dikhususkan penelitian ini mencakup: (1) Menganalisis cara mengimplementasikan Konsep Tut Wuri Handayani terhadap proses pembelajaran di sekolah, (2) Menganalisis kendala pelaksanaan implementasi peranan guru menurut Konsep Tut Wuri Handayani. (3) Menemukan upaya dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan implementasi peranan guru menurut Konsep Tut Wuri Handayani. Kegiatan penelitian yang nertujuan untuk memecahkan masalah yang terjadi saat ini dalam hal pendidikan dengan memunculkan kembali jati diri pendidikan bangsa Indonesia yang tidak lepas dari kearifan lokal bangsa Indonesia. Objek Penelitian Adalah Pemikiran Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek dalam penelitian ini adalah guru. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang Implementasi Konsep Tut Wuri Handayani dalam Pendidikan Di SDN 4 Batulawang, ditarik kesimpulan; 1) implementasi Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan guru berperan sebagai motivator, pembimbing, memberi jalan untuk mengarah kepada manusia yang dicita-citakan agama, bangsa dan Negara sudah tampak dalam proses pembelajarannya 3) Hambatan yang ditemui dalam menerapkan Implementasi Konsep Tut Wuri Handayani dalam Pendidikan terdapat dua faktor yang diantaranya adalah faktor internal atau faktor yang berasa dari dalam sekolah dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar sekolah. Faktor yang berasal dari dalam sekolah meliputi sumber daya manusia dalam hal ini pendidik atau guru, Sarana dan prasarana yang disediakan sekolah, dan kemampuan siswa itu sendiri; 3) Upaya sekolah untuk mengatasai beberapa hambatan adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia dalam hal ini pendidik atau guru melalui pembinaan, Diklat pendidikan, dan pemberian tugas tambahan bagi guru. Kata kunci: Implementasi, Konsep Tut Wuri Handayani, Pendidikan ABSTRACT In general, this study aims to obtain a description of the educational KI Hajar Dewantara relevance to the teacher's implementation of educational practices. However devoted this study include: (1) analyzing how to implement the concept of Tut Wuri Handayani to the learning process at school, (2) to analyze the obstacles implementation of the role of teachers by concept of Tut Wuri Handayani. (3) Finding efforts to overcome obstacles in implementing the role of teachers according to Education Trilogy according to concept of Tut Wuri Handayani. Research Activities Aimed To Solve Problems that occur at this time in terms of education to bring back the identity of the Indonesian nation education can not be separated from the indigenous people of Indonesia. Research Object Is National Education Thought Ki Hajar Dewantara. This research use descriptive approach with subject in this research is principal, teacher. Techniques used in data collection are observation, interviews, and documents. In this research the researcher uses data analysis technique with steps, data reduction, data presentation, and conclusion. Based on the results of research on the concept of Tut Wuri Handayani In SDN 4 Batulawang, drawn conclusions; 1) The implementation of concept of Tut Wuri Handayani in sdn 4 Batulawang still has implemented the whole education system as proclaimed in the unity of Indonesian education according to Ki Hajar Dewantara; 2) Ki Hajar Dewantara implementation in teacher education acts as a motivator, mentor, giving way to lead the human aspired to religion, nation and state, 3) Obstacles encountered in implementing the concept of Tut Wuri Handayani there are two factors which are internal factors or factors that come from the inside of the school and the external factor or factors that come from outside the school. Factors that come from within the school include the human resources in this case the educator or teacher, the facilities and infrastructure provided by the school, and the student's own ability; 3) Attempts to overcome some obstacles school is to develop human resources in this case educators or teachers through training, education training, and the provision of additional duties for teachers. Keywords: Implementation, Concept Tut Wuri Handayani, Education
Item Description:http://repository.upi.edu/30680/1/T_PGK_1402926_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30680/2/T_PGK_1402926_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30680/3/T_PGK_1402926_Table%20of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/30680/4/T_PGK_1402926_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30680/5/T_PGK_1402926_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30680/6/T_PGK_1402926_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30680/7/T_PGK_1402926_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30680/8/T_PGK_1402926_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30680/9/T_PGK_1402926_Bibliografi.pdf
http://repository.upi.edu/30680/10/T_PGK_1402926_Apendix.pdf