Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar, 2017

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar yang meliputi RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Juniarti, Neng Santi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3696/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar yang meliputi RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas yang diadaptasi dari model Kemmis and Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil tes dari setiap siklus, diperoleh nilai yang menunjukan peningkatan siswa dalam kemampuan membaca pemahaman setelah diterapkannya metode PQ4R. Hasil rata-rata nilai kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus satu adalah 66 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,2. Sedangkan untuk ketuntasan belajar kelas, pada siklus I terdapat 12 orang siswa (55%) yang mampu mencapai nilai kkm dan meningkat pada siklus II menjadi 19 orang (86%). Berdasarkan hasil tersebut, penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Kata kunci: metode pembalajaran PQ4R, membaca pemahaman, sekolah dasar, This research is motivated by the low ability of students in reading comprehension. The purpose of this research is to describe the application of PQ4R learning methods to improve reading comprehension ability of the 5th grade elementary school studentsin covering of RPP, learning implementation, and improving student's reading comprehension ability. The method used in this research is Classroom Action Research which is adapted from Kemmis and Mc Taggart model. The study was conducted in two cycles. The subjects of this study are students of class VD which amounted to 22 people. The research instruments used are observation sheet, documentation, and test. Based on the results of the tests of each cycle, obtained a value that showed improvement of students in reading comprehension ability after the application of PQ4R method. The average scorers of students in rwading comprehension ability in fisrt cyrcle is 66 and increased in cycle II became 83.2. While the completeness of class study in cycle I there are 12 students (55%) who are able to achieve minimum criteria of mastery learning and increased in cycle II became 19 people (86%). Based on these results, PQ4R learning method can improve reading comprehension ability of elementary school students. Keywords: PQ4R method, reading comprehersion, elementary school
Item Description:http://repository.upi.edu/30696/1/S_PGSD_1304155_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30696/2/S_PGSD_1304155_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30696/3/S_PGSD_1304155_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30696/4/S_PGSD_1304155_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30696/5/S_PGSD_1304155_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30696/6/S_PGSD_1304155_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30696/7/S_PGSD_1304155_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30696/8/S_PGSD_1304155_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30696/9/S_PGSD_1304155_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30696/10/S_PGSD_1304155_Appendix.pdf