PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PROJECT CITIZEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DAN TANGGUNGJAWAB PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI Penjualan 2 SMK Pasundan Tanjungsari)

Penelitian ini memberikan gambaran tentang pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab peserta didik melalui model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis project citizen. Penelitian ini beranjak dari masalah dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sehingga peserta didik tidak menam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dewi, Resti Lestari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/372/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06630 am a22003253u 4500
001 repoupi_30720
042 |a dc 
100 1 0 |a Dewi, Resti Lestari  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS PROJECT CITIZEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR DAN TANGGUNGJAWAB PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI Penjualan 2 SMK Pasundan Tanjungsari) 
260 |c 2017-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/1/T_PKN_1502562_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/2/T_PKN_1502562_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/3/T_PKN_1502562_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/4/T_PKN_1502562_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/5/T_PKN_1502562_Chapter2%20.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/6/T_PKN_1502562_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/7/T_PKN_1502562_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/8/T_PKN_1502562_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/9/T_PKN_1502562_Bibliography%20.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/10/T_PKN_1502562_Appendix_Angket.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30720/11/T_PKN_1502562_Appendix_KISI-KISI%20WAWANCARA.pdf 
520 |a Penelitian ini memberikan gambaran tentang pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab peserta didik melalui model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis project citizen. Penelitian ini beranjak dari masalah dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sehingga peserta didik tidak menampilkan perilaku jujur dan tanggung jawab. Kondisi tersebut menjadi keprihatinan peneliti untuk mengetahui secara mendalam tentang pentingnya pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab peserta dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai pembentukan karakter jujur dan tanggung jawab peserta didik melalui model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis project citizen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, dokumentasi, catatan lapangan, wawancara, angket/kuesioner. Berdasarkan penelitian di lapangan diperoleh temuan bahwa perencanaan yang dilakukan guru sebelum menggunakan model pembelajaran project citizen adalah dengan membuat perangkat pembelajaran. Secara umum, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model project citizen mampu berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran serta secara khusus mampu membentuk karakter jujur dan tanggung jawab peserta didik dengan ditunjang dengan materi dan pokok masalah yang relevan dengan tujuan yang dicapai. Adapun yang menjadi kendala dalam penggunaan model ini adalah mengenai penggunaan waktu yang relatif panjang, keterbatasan sarana dan prasarana yang dapat menujang proses kegiatan pembelajaran, dan komitmen dari guru dalam melakukan proses perencanaan, pelaksanaan dan refleksi dari kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model project citizen. Adapun upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kompetensi profesional guru, dimana guru sebagai pemegang kunci yang menentukan proses keberhasilan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Untuk mengatasi proses yang relatif panjang, maka guru melakukan bimbingan di luar jam pelajaran dengan cara membangun komunikasi dengan peserta didik itu sendiri. Selain itu, menjadikan lingkungan sekitar dalam hal ini yaitu penduduk/masyarakat di lingkungan peserta didik secara langsung bisa digunakan untuk mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana tanpa mengesampingkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Kata Kunci : Model Project Citizen, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Jujur dan Tanggung Jawab;--- The implementation of civic education learning model based on project citizen to develop honesty and responsibility on students (Classroom Action Research of XI Grade Trade Major 2 Students SMK Pasundan Tanjungsari) Supervisor : Prof. Dr. H. Aim Abdulkarim, M.Pd dan Dr. Muhammad Halimi, M.Pd This research gives illustration about developing honesty and responsibility on students through civic education learning model based on project citizen. The research is constructed based on learning problem at students who do not show their honesty and responsibility. This condition becomes researcher's concern to know more about the importance of developing honesty and responsibility students on civic education learning. The purpose of the research is to know intensely about developing honesty and responsibility of students through civic education learning model based on project citizen. The method of research is classroom action research with qualitative and quantitative approach. The data is taken from observation, documentation, field note, interview and questionnaire. Based on field research, teacher makes teaching administration before using project citizen learning model. Generally, learning civics education using project citizen model impacts positively in teacher and students learning activity and especially it develops honesty and responsibility characters on students with relevant material and subject to the reachable purpose. The problems of using project citizen learning model are the use of long time, the limit of medium and infrastructure to support learning activity process, and teacher's commitment in planning process, implementation and reflection of learning activity using project citizen model. Developing teacher's professional competence is the effort to solve the problem, where the teacher as key holder to determine the success of students' learning activity. Then, teacher can tutor students after class through constructing communication with students as solution for long time process. In addition, using surround neighborhood like citizen directly can be used to deal with the limit of medium and infrastructure without taking priority over the purpose of learning which is determined before. Keywords : Project Citizen Model, Civic Education, Honesty and Responsibility 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30720/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/372/