HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI
Keyakinan diri seseorang (self-efficacy) merupakan salah satu faktor non-kognitif yang berkontribusi pada pembelajaran. Salah satunya mengenai self-efficacy pembelajaran biologi pada siswa tingkat sekolah menengah atas. Self-efficacy merupakan salah satu hal yang mendorong keberhasilan belajar siswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2017-08-25.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/3789/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 04503 am a22003133u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repoupi_30789 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Susanti, Dewi |e author |
245 | 0 | 0 | |a HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI |
260 | |c 2017-08-25. | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/1/S_BIO_1300168_Title.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/2/S_BIO_1300168_Abstract.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/3/S_BIO_1300168_Table_of_Content.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/4/S_BIO_1300168_Chapter1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/5/S_BIO_1300168_Chapter2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/6/S_BIO_1300168_Chapter3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/7/S_BIO_1300168_Chapter4.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/8/S_BIO_1300168_Chapter5.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/9/S_BIO_1300168_Bibliography.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/30789/10/S_BIO_1300168_Appendix.pdf | ||
520 | |a Keyakinan diri seseorang (self-efficacy) merupakan salah satu faktor non-kognitif yang berkontribusi pada pembelajaran. Salah satunya mengenai self-efficacy pembelajaran biologi pada siswa tingkat sekolah menengah atas. Self-efficacy merupakan salah satu hal yang mendorong keberhasilan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapat informasi tentang hubungan self-efficacy dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitan korelasional yang dilakukan di kelas XI IPA 5 SMAN 13 Bandung pada pembelajaran sistem ekskresi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Self-effcacy yang diukur dalam penelitian ini yaitu self-efficacy prestasi akademik, pengaturan diri, dan sosial. Aktivitas belajar yang diukur dalam penelitian ini yaitu aktivitas fisik dan aktivitas mental. Skor rata-rata total self-efficacy sebelum, saat, dan setelah pembelajaran yaitu 74,92% termasuk dalam kategori tinggi dan yakin (3,12). Rata-rata skor aktivitas belajar total yaitu 32,24% termasuk dalam kategori sangat rendah. Nilai rata-rata hasil belajar dari 30 siswa yaitu 86,33 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Self-efficacy tidak ada hubungan signifikan dengan aktivitas belajar secara keseluruhan, karena self-efficacy pengaturan diri tidak ada hubungan signifikan terhadap aktivitas mental, dan self-efficacy sosial tidak ada hubungan signifikan terhadap aktivitas fisik dan aktivitas mental. Self-efficacy juga tidak ada hubungan dengan hasil belajar (self-efficacy tidak signifikan kontribusinya terhadap hasil belajar). Kata kunci: self-efficacy, aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran sistem ekskresi;--- Self-efficacy is one of the non-cognitive factors that contribute to learning. One of them is about self-efficacy of biology learning at high school level students. Self-efficacy is one of the things that encourage student learning success. The purpose of this research is to get information about the correlation self-efficacy with activity and student learning outcomes in learning excretory system. This research is correlational research done in class XI IPA 5 SMAN 13 Bandung on learning excretory system. Subjects of this study amounted to 30 students consisting of 10 male students and 20 female students. The mean total self-efficacy score before, during, and after learning was 74.92% included in the high and confident category (3.12). The average score of total learning activity that is 32.24% included in the category is very low. The average value of learning outcomes from 30 students is 86.33 and is included in very high category. Self-efficacy has no significant correlation with overall learning activity, because self-efficacy self-regulation does not correlate significantly to mental activity, and social self-efficacy does not corellate to physical activity and mental activity. Self-efficacy is also not correlate to learning outcomes (self-efficacy does not significantly correlate to learning outcomes). Keyword: self-efficacy, learning activity, learning outcomes, learning excretory system | ||
546 | |a en | ||
690 | |a L Education (General) | ||
690 | |a QH301 Biology | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu/30789/ | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.upi.edu/3789/ |