PENERAPAN MODEL SFAE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA (VOCABULARY) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Model pembelajaran SFAE merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang efektif untuk melatih keaktifan peserta didik dalam mencari kosakata (vocabulary). Melatih peserta didik menemukan kosakata sebanyak-banyaknya dilakukan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dalam bahasa I...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Tarigan, Rapika Anna Sari (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3826/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Model pembelajaran SFAE merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang efektif untuk melatih keaktifan peserta didik dalam mencari kosakata (vocabulary). Melatih peserta didik menemukan kosakata sebanyak-banyaknya dilakukan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan penguasaan kosakata (vocabulary) pada aspek bentuk kata (form) dan makna kata (meaning) antara siswa yang menerapkan model pembelajaran SFAE dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V, dan VI SD dengan sampel kelas Va sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb sebagai kelas kontrol. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini, kelas eksperimen dan kelas control tidak dipilih secara random. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif isian/melengkapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SFAE dapat meningatkan penguasaan kosakata (vocabulary) pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V SD pada aspek bentuk kata (form) dan makna kata (meaning).----------Student Facilitator And Explaining (SFAE) learning model is one of active learning models to get learners active to search for new vocabularies. Teacher is creating the learners to find a lot of vocabulary to develop their ability to communicate in English. This research aims to know the differences of vocabulary mastery between students applying the model of SFAE with students applying the conventional model in fifth grade elementary school. Population in this research was fourth grade, fifth grade, and sixth grade of elementary schools. The samples used in this research were fifth grade A as an experimental class and fifth grade B as an control class. The method used in this research is Nonequivalent Control Group Design. In this design the experimental group and the control group were not selected randomly. This instrument used is objective test completion word. The result of this research showed that SFAE learning model could improve students mastery of vocabulary on English subject.
Item Description:http://repository.upi.edu/30826/1/S_KTP_1304183_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30826/2/S_KTP_1304183_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30826/3/S_KTP_1304183_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/30826/4/S_KTP_1304183_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30826/5/S_KTP_1304183_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30826/6/S_KTP_1304183_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30826/7/S_KTP_1304183_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30826/8/S_KTP_1304183_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30826/9/S_KTP_1304183_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30826/10/S_KTP_1304183_Appendix.pdf