UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA PEMBELAJARAN IPS : Studi Deskriptif Terhadap Guru IPS Kelas VIII K SMPN 29 BANDUNG

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kecerdasan intrapersonal siswa dalam pembelajaran IPS serta masih kurangnya pengimplementasian metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan intrapersonal siswa. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini ialah bagaimana pere...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prisani, Aulia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3837/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kecerdasan intrapersonal siswa dalam pembelajaran IPS serta masih kurangnya pengimplementasian metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan intrapersonal siswa. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini ialah bagaimana perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa melalui metode Student Facilitator And Explaining (SFAE), bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa melalui metode SFAE dan bagaimana hambatan yang ditemui oleh guru dalam upaya meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa melalui metode SFAE. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa pada pembelajaran IPS melalui metode SFAE. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan 33 siswa kelas VIII-K. Berdasarkan data yang telah diperoleh, diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, Perencanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode SFAE telah dipersiapkan dan disusun oleh guru secara baik, guru berpedoman kepada silabus dan memperhatikan komponen-komponen RPP. Kedua, Pelaksanaan metode SFAE dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal berjalan dengan baik, guru melaksanakan pembelajaran dengan memperhatikan ketentuan dan langkah pembelajaran yang sesuai dengan metode SFAE. Ketiga, Hambatan yang ditemui pada penerapan metode SFAE untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal siswa adalah kurangnya pengetahuan siswa mengenai metode SFAE dan peta konsep serta keterbatasan waktu yang tersedia untuk pelaksanaan pembelajaran. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah guru harus memperkenalkan metode pembelajaran yang digunakan, memperkenalkan peta konsep dan mengelola waktu pembelajaran secara efektif. Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Metode Student Facilitator And Explaining (SFAE), Pembelajaran IPS This study is motivated by the low of students intrapersonal intelligence in IPS learning and still lack of implementation of learning method that can improve students intrapersonal intelligence. The formulation of the problem that will be answered in this study is how the learning plan implemented by the teacher to improve students intrapersonal intelligence through Student Facilitator And Explaining method (SFAE), how the implementation of learning by teachers to improve students intrapersonal intelligence through SFAE method and how the obstacles encountered by teachers in attempt to improve students' intrapersonal intelligence through the SFAE method. The purpose of this study is to describe the efforts of teachers in improving students' intrapersonal intelligence in IPS learning through SFAE method. This study method is descriptive study by using data collecting technique of interview, observation and documentation study. The subjects of this study are IPS teachers and 33 students of class VIII-K. Based on the data obtained, the following results are obtained. First, IPS learning planning using SFAE method has been prepared and prepared by teachers well, teachers are guided by the syllabus and pay attention to RPP components. Second, the implementation of the SFAE method in improving the intrapersonal intelligence goes well, the teacher carries out the learning with respect to the provisions and learning steps in accordance with the SFAE method. Third, the obstacles encountered in applying the SFAE method to improve students 'intrapersonal intelligence are the lack of students' knowledge of the SFAE method and concept maps as well as the limited time available for learning execution. The solution to solve the problem is the teacher should introduce the learning method used, introduce the concept map and manage the learning time effectively. Keywords: Intrapersonal Intelligence, Method Student Facilitator And Explaining (SFAE), IPS Learning
Item Description:http://repository.upi.edu/30837/1/S_PSIPS_1307614_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30837/2/S_PSIPS_1307614_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30837/3/S_PSIPS_1307614_Table%20of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/30837/4/S_PSIPS_1307614_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30837/5/S_PSIPS_1307614_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30837/6/S_PSIPS_1307614_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30837/7/S_PSIPS_1307614_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30837/8/S_PSIPS_1307614_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30837/9/S_PSIPS_1307614_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30837/11/S_PSIPS_1307614_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/30837/12/S_PSIPS_1307614_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/30837/13/S_PSIPS_1307614_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/30837/14/S_PSIPS_1307614_Appendix4.pdf