PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR ASPEK KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Dalam Pembelajaran, berbagai masalah sering dijumpai diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan kemampuan menulis berit...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahayu, Trias Teguh (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3886/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04551 am a22003133u 4500
001 repoupi_30886
042 |a dc 
100 1 0 |a Rahayu, Trias Teguh  |e author 
245 0 0 |a PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR ASPEK KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 
260 |c 2017-08-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/1/S_KTP_1301577_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/2/S_KTP_1301577_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/3/S_KTP_1301577_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/4/S_KTP_1301577_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/5/S_KTP_1301577_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/6/S_KTP_1301577_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/7/S_KTP_1301577_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/8/S_KTP_1301577_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/9/S_KTP_1301577_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30886/10/S_KTP_1301577_Appendix.pdf 
520 |a Dalam Pembelajaran, berbagai masalah sering dijumpai diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai peningkatan kemampuan menulis berita siswa dengan memanfaatkan media video pembelajaran pada materi menulis berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian Control Group Design yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP di Bandung, dengan sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen soal tes uraian bebas sebanyak 8 soal yang dilakukan dengan pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest yang dilakukan setalah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari data hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 13,43 dan skor rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 28,80. Sedangkan skor rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 13,60 dan skor rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 20,83. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel pada taraf 95% atau α 0,05 yakni 15,029> 1,677. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa yang dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest Kata Kunci : Media Video Pembelajaran, Kemampuan Menulis Berita;--- There are various problems within learning that students found it hard to achieved excellent learning outcomes, the problem such as understanding the subjects which teacher convey in class. Hence, this study's purpose is to acknowledge the using of Video Learning Media to improve News-Writing skills in Indonesia Language subject. The method used in this study is quasi experiment, with Control Group Design research design used to determine the effect of a treatment on the subject of research. The population of this research is all students from class VII in Junior High school 1 Bandung, with sample of 2 classes, which are class VII-5 as experiment class and class VII-4 as control class. Instrument of this study is essay test and the test is given in two different times, there are pretest and posttest. Results of this study shows that the score's mean of experimental class's pretest is 13.43 and the score's mean of the experimental class's posttest is 28.80. While the score's mean of pretest in control class is 13.60 and the score's mean of posttest in control class is 20.83. Furthermore, the hypothesis test result shows that t count > t table at 95% level or α 0.05 i.e 15.029> 1.677. Therefore, based on the data, it can be concluded that there are improvement in News-Writing skills by using Video Learning Media in Indonesia Language learning Keywords: Video Learning Media, News-Writing Skills 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30886/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3886/