PENGGUNAAN METODE ALFABET BERBANTUAN APLIKASI LEXIPAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK PENDERITA KESULITAN BELAJAR MEMBACA: Eksperimen dengan Subjek Tunggal di SDN Cigudeg 01 Kabupaten Bogor

Membaca permulaan merupakan salah satu pembelajaran bahasa yang masih sulit dikuasai peserta didik jenjang sekolah dasar tingkat rendah. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan disebabkan kurangnya motivasi belajar, kurangnya ketersediaan sumber, dan variasi dalam proses pembelajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Indriyanti, Dwi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/394/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05135 am a22003133u 4500
001 repoupi_30904
042 |a dc 
100 1 0 |a Indriyanti, Dwi  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN METODE ALFABET BERBANTUAN APLIKASI LEXIPAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK PENDERITA KESULITAN BELAJAR MEMBACA: Eksperimen dengan Subjek Tunggal di SDN Cigudeg 01 Kabupaten Bogor 
260 |c 2017-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/1/S_IND_1307456_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/2/S_IND_1307456_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/3/S_IND_1307456_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/4/S_IND_1307456_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/5/S_IND_1307456_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/6/S_IND_1307456_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/7/S_IND_1307456_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/8/S_IND_1307456_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/9/S_IND_1307456_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30904/10/S_IND_1307456_Appendix.pdf 
520 |a Membaca permulaan merupakan salah satu pembelajaran bahasa yang masih sulit dikuasai peserta didik jenjang sekolah dasar tingkat rendah. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan disebabkan kurangnya motivasi belajar, kurangnya ketersediaan sumber, dan variasi dalam proses pembelajaran membaca permulaan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam belajar membaca permulaan di tingkat sekolah dasar kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) profil peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar membaca permulaan; 2) kemampuan peserta didik dalam belajar membaca permulaan pada kondisi Baseline A-1; 3) kemampuan peserta didik pada saat proses intervensi dalam kegiatan belajar membaca permulaan; 4) kemampuan peserta didik dalam belajar membaca permulaan pada kondisi Baseline A-2; 5) adanya peningkatan kemampuan belajar membaca permulaan peserta didik sebelum dan sesudah diadakan intervensi. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen subjek tunggal dengan desain A-B-A. Penelitian dilaksanakan di SDN Cigudeg 01. Subjek penelitian berjumlah tiga orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara. Dari data hasil tes kemampuan membaca permulaan yang didapatkan oleh subjek, menunjukkan terjadinya kenaikan rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan yang didapatkan subjek 1 pada tiap fasenya dari rata-rata 67.5, menuju 81.87, kemudian 81,87. Subjek 2 dari rata-rata 48,5, menuju 66.87, kemudian 84,25. Subjek 3, dari ratarata 70.25, menuju 83.12, kemudian 92. Hasil uji hipotesis diperoleh peningkatan sehingga H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan peserta didik dalam membaca permulaan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode alfabet berbantuan aplikasi Lexipal efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca permulaan di tingkat sekolah dasar kelas rendah.------------Beginning reading is one of language learning which is still hard to master by students in lower level of elementary school. The low students ability in beginning reading is caused by the low learning motivation, the lack of resource and variation in learning process of beginning reading. This research is aimed to: 1) identify student's profile who has difficulties in beginning reading; 2) analyse student's ability in learning beginning reading in Baseline A-1 condition; 3) discover student's ability at the intervention process in the learning beginning reading activities; 4) identify student's ability in learning beginning reading in Baseline A-2 condition; 5) find the existence of student's ability improvement in learning beginning reading. The method used in this research is single subject experiment with A-B-A design. This research was conducted in SDN Cigudeg 01 with using test, observation, and interview as the technique of collecting the data. From the data tests ability to read the beginning of a raid by the subject , show has caused the increase avearage the ability to read the beginning to take the subject of 1 in each phase of average 67.5, toward 81.87, then 81,87 .The subject 2 of average 48,5, toward 66.87, then 84,25. The subject 3, from rata-rata 70.25, toward 83.12, then 92. The results of hypothesis test was obtained by rejected H0 and accepted Ha or in other words there were significant differences between student's ability in beginning reading before and after the treatments. According to the results, it can be concluded that alphabet method assisted with lexipal application is effective to be implemented in learning beginning reading. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30904/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/394/