PENERAPAN PERMAINAN A CREATIVE STORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA JEPANG : Study Kasus Terhadap Kelompok Mahasiswa Tingkat II Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI

Penelitian ini adalah penerapan permainan a creative story dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Jepang. Diujicobakan pada kelompok mahasiswa tingkat II tahun 2016/2017 Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI. Bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mahasiswa dalam menu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Nopi Kartika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/392/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03886 am a22003013u 4500
001 repoupi_30920
042 |a dc 
100 1 0 |a Sari, Nopi Kartika  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN PERMAINAN A CREATIVE STORY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA JEPANG : Study Kasus Terhadap Kelompok Mahasiswa Tingkat II Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI 
260 |c 2017-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/1/S_JEP_1305369_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/2/S_JEP_1305369_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/3/S_JEP_1305369_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/4/S_JEP_1305369_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/5/S_JEP_1305369_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/6/S_JEP_1305369_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/7/S_JEP_1305369_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/8/S_JEP_1305369_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/9/S_JEP_1305369_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/30920/10/S_JEP_1305369_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini adalah penerapan permainan a creative story dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Jepang. Diujicobakan pada kelompok mahasiswa tingkat II tahun 2016/2017 Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI. Bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mahasiswa dalam menulis karangan bahasa Jepang setelah diterapkannya permainan ini dan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan permainan ini dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif study kasus. Subjek penelitian ini sebanyak 12 orang. Berdasarkan hasil analisa data, pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan heterogen sebanyak 3 kelompok yang masing-masing kelompoknya terdapat mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi (high) 1 orang, kemampuan menengah (middle) 2 orang, dan kemampuan rendah (low) 1 orang. Hasil treatment pertama sampai treatment keempat, rata-rata nilai kelompok heterogen adalah 86,67% pada level sangat tinggi dan 73,33% pada level tinggi. Tanggapan dari subjek penelitian terhadap metode permainan dengan menggunakan a creative story, cocok diterapkan pada pembelajaran menulis karangan (sakubun).----------This research unfolds the implementation of 'a creative story' game to improve students' Japanese writing composition. It involves a group of second year students majoring Japanese education, academic year 2016/2017 at Indonesia Education University. The objective of the research is to find out the development of students' Japanese composition writing ability after the game is implemented and to figure out their attitude toward the game implementation in regards to improve their Japanese composition writing ability. This research involves a descriptive case study method 12 participants as its subjects. The result of data analysis shows that the group of students has heterogenous ability that are categorized into three groups as follow: one student belongs to high ability group, two students belong to medium ability group, and one student belong to low ability. Average of heterogen group value from first result of the treatment to the fourth treatment is 86,67% has advanced level ability of Japanese compotition writing, and 73,33% has high level ability of Japanese compotition writing. Based on the attitude of participants toward the implementation of a creative story game, they consider that it is appropriate to be implemented in learning to write composition (sakubun). 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/30920/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/392/