LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KREATIVITAS UNTUK SISWA SMA KELAS XI DALAM MENGATASI DAMPAK PEMBAKARAN SENYAWA KARBON, 2017

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian komponen LKS berbasis kreativitas dalam mengatasi dampak pembakaran senyawa karbon yang telah disusun dengan indikator kreativitas, syarat konstruk dan teknis LKS, serta tanggapan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi. Pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sumantri, Muhamad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3947/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian komponen LKS berbasis kreativitas dalam mengatasi dampak pembakaran senyawa karbon yang telah disusun dengan indikator kreativitas, syarat konstruk dan teknis LKS, serta tanggapan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan kegiatan yang meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Pada tahap persiapan dilakukan hal-hal yang berkaitan dengan penyusunan LKS dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap pelaksanaan berupa tahap validasi LKS dan instrumen penelitian kepada lima orang validator. Tahap pelaporan berisi analisis hasil validasi untuk kemudian dibuat simpulan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini di antaranya lembar validasi konten, lembar validasi konstruk, dan lembar validasi ekologis. Hasil validasi konstruk dari validator termasuk kategori sangat baik (94,57%). Hasil validasi konten dari validator termasuk kategori sangat baik (93%). Hasil validasi ekologis dari pendapat siswa sebanyak 10 orang terhadap LKS berbasis kreativitas juga sangat baik (83,20%). Berdasarkan penelitian ini diharapkan para guru kimia memperoleh masukan untuk kegiatan pembelajaran kimia materi cara mengatasi dampak pembakaran senyawa karbon, Kata kunci: LKS, Kreativitas, Pembakaran senyawa karbon, The purpose of this study is to know worksheet based on creativity in fixing impact of combustion hydrocarbon compounds in the compability that has been arranged with the indicators of creativity aspects, construction aspects and technical aspects, also the result of ecological validation. The method that is used in this study is evaluation method. This study consists of three phases activity such as preparation phase, implementation phase, and report phase. The preparation phase is about the arrangement of worksheet based on creativity and research instruments. The process of validating worksheet is done in implementation phase. In report phase, the activity is to analyze the result of validation and then get the conclusion from this study. This study is used instruments such as validation of content sheet, validation if construct sheet, and validation of ecological sheet. The result from construct validation toward creativity aspect that is based on the worksheet from the lectures and teachers is very well (94,57%). The result from content validation toward creativity aspect that is based on the worksheet from the lectures and teachers is very well (93%). The result of ecological validation from ten student responses toward creativity aspect based on the worksheet is also very well (83,2%). Based on this study, there is the expectation that the chemistry teachers will get inspiration from this study to teach the mien fixing impact of combustion hydrocarbon compounds by using this study, Keyword: Worksheet, Creativity, Combustion of hydrocarbon compounds,
Item Description:http://repository.upi.edu/30947/1/S_FIF_PSPI_1306888_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30947/2/S_FIF_PSPI_1306888_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30947/3/S_FIF_PSPI_1306888_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/30947/4/S_FIF_PSPI_1306888_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30947/5/S_FIF_PSPI_1306888_Chapter2.docx
http://repository.upi.edu/30947/6/S_FIF_PSPI_1306888_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30947/7/S_FIF_PSPI_1306888_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30947/8/S_FIF_PSPI_1306888_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30947/9/S_FIF_PSPI_1306888_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30947/10/S_FIF_PSPI_1306888_Appendix.pdf