PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI AKTIVITAS PEMBELAJARAN AQUATIK

Aktivitas pembelajaran aquatik untuk siswa SMP, khususnya siswa SMPN 4 Sindang Indramayu dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Aspek-aspek sosial yang terkandung dalam aktivitas pembelajaran aquatik ini nampak dapat diterima dan dilaksanakan oleh siswa secara sukarela, seperti salah satunya per...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rosyad, Nanang Sabilar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3971/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Aktivitas pembelajaran aquatik untuk siswa SMP, khususnya siswa SMPN 4 Sindang Indramayu dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Aspek-aspek sosial yang terkandung dalam aktivitas pembelajaran aquatik ini nampak dapat diterima dan dilaksanakan oleh siswa secara sukarela, seperti salah satunya percaya diri yang berkaitan dengan pribadi dan terhadap sosial. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: "Apakah model pembelajaran problem based learning lebih efektif dibandingkan direct instruction dalam peningkatan kepercayaan diri siswa dengan menggunakan aktivitas pembelajaran aquatik?". Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dan dianalisis untuk menetapkan kesimpulan, karena penelitian ini ingin mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa SMP sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (eksperimen). Lokasi penelitian ini dilakukan di kolam renang Tirta Kencana Indramayu. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 4 Sindang Indramayu yang berjumlah 300 orang. Siswa yang dijadikan sampel berjumlah 35 orang ditentukan dengan cara simple random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur peningkatan kepercayaan diri siswa. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan Chi Kuadrat dan didapatkan hasil sebesar 10,36 untuk kelompok treatment dan 10,92 untuk kelompok control lebih kecil daripada Chi Kuadrat Tabel (11,070) dan data dikatakan normal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Model pembelajaran problem based learning lebih efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dibandingkan model pembelajaran direct instruction. Hal ini berarti program dan pelaksanaan pembelajaran renang, guru dan pimpinan sekolah di SMPN 4 Sindang Indramayu dapat melaksanakan tugasnya dengan cukup baik sehingga dapat menjadi fasilitator bagi siswa dalam perbaikan perilaku sosial.----------Aquatic learning activity for junior high school students, especially SMPN 4 Sindang Indramayu students is administered outside the school. The social aspects inserted in this activity is known to be accepted and administered by the students voulntarily, such as confidence which is related to them both personally and socially. The question in this research is: "is problem based learning model more effective compared to direct instruction in improving the students confidence on aquatic learning activity?". The method used in this research was experimental method in order to investigate the learning model which is more effective in improving the students' confidence. In this research, the data as collected and analyzed to determine the conclusion because the research aimed at investigating the students' confidence improvement before and after the treatment. Location of this research at Tirta Kencana Indramayu swimming pool. The population of this research was three hundreds from seventh grade from SMPN 4 Sindang Indramayu. Sample of this research was thirty five student has been taken with simple random sampling way. A questionnaire was utilized to measure the confidence improvement. The data analysis and process technique utilized the chi quadrate normality. The result showed the score of 10.36 for the treatment group and 10.92 for the control group is less than chi quadrate table (11,070). It is concluded from the research that : the problem based learning model is more effective to improve the students' confidence compared to direct instruction learning model. This implied that the swimming program in SMPN 4 Sindang Indramayu had been carried out well by the teachers and the school stakeholders so that they can be the fasilitator for the students in improving the students' social behavior.
Item Description:http://repository.upi.edu/30971/1/S_JKR_1203922_Title.pdf
http://repository.upi.edu/30971/3/S_JKR_1203922_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/30971/2/S_JKR_1203922_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/30971/4/S_JKR_1203922_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/30971/5/S_JKR_1203922_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/30971/6/S_JKR_1203922_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/30971/7/S_JKR_1203922_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/30971/8/S_JKR_1203922_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/30971/9/S_JKR_1203922_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/30971/10/S_JKR_1203922_Appendix.pdf