PENGARUH MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) TERHADAP BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK : Studi Kuasi- Eksperimen Pada Pembelajaran Geografi, Pokok Bahasan Mitigasi Bencana, Kelas XI IPS 2 di SMAN 15 Kota Bandung dan Kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 7 Kota Bandung

Penggunaan aplikasi SIG untuk media pembelajaran masih jarang dikembangkan dalam pembelajaran geografi. Pemanfaatan SIG sebagai media pembelajaran terkendala oleh ketersediaan aplikasi yang masih terbatas untuk bidang pendidikan. Keterbatasan tersebut terutama dalam hal basisdata yang sesuai dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arrasyid, Riko (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3121/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06483 am a22003133u 4500
001 repoupi_31021
042 |a dc 
100 1 0 |a Arrasyid, Riko  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) TERHADAP BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK : Studi Kuasi- Eksperimen Pada Pembelajaran Geografi, Pokok Bahasan Mitigasi Bencana, Kelas XI IPS 2 di SMAN 15 Kota Bandung dan Kelas XI IPS 1 di SMA Pasundan 7 Kota Bandung 
260 |c 2017-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/1/T_GEO_1503172_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/2/T_GEO_1503172_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/3/T_GEO_1503172_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/4/T_GEO_1503172_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/5/T_GEO_1503172_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/6/T_GEO_1503172_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/7/T_GEO_1503172_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/8/T_GEO_1503172_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/9/T_GEO_1503172_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31021/10/T_GEO_1503172_Appendix.pdf 
520 |a Penggunaan aplikasi SIG untuk media pembelajaran masih jarang dikembangkan dalam pembelajaran geografi. Pemanfaatan SIG sebagai media pembelajaran terkendala oleh ketersediaan aplikasi yang masih terbatas untuk bidang pendidikan. Keterbatasan tersebut terutama dalam hal basisdata yang sesuai dengan kurikulum, ketersediaan basisdata lokal dan desain yang lebih sederhana, sehingga mudah digunakan oleh guru dan peserta didik. Pemanfaatan media SIG dalam pembelajaran geografi bertujuan meningkatkan berpikir spasial peserta didik. Namun demikian, kajian tentang pengaruh pemanfaatan SIG terhadap berpikir spasial peserta didik masih terbatas dan belum konsisten. Berdasarkan keadaan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media Sistem Informasi Geografis yang mudah digunakan dan memiliki ketersersedian data yang sesuai untuk kepentingan pembelajaran geografi di Indonesia. Pertanyaan yang diajukan adalah bagaimanakah mengembangkan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran Geografi dan bagaimanakah pengaruh pemanfaatan SIG terhadap berpikir spasial peserta didik dalam mata pelajaran geografi. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experiment dengan mengambil SMAN 15 dan SMA Pasundan 7 Kota Bandung sebagai lokasi penelitian. Pelaksanaan penelitian diselenggarakan di kelas XI IPS 2 SMAN 15 dan XI IPS 1 SMA Pasundan 7 sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS 4 SMAN 15 dan XI IPS 2 SMA Pasudan 7 sebagai kelompok kontrol. Desain quasi-experiment yang digunakan adalah desain dengan kelompok kontrol yang tak setara. Penelitian ini menggunakan variabel SIG sebagai media pembelajaran, dan variabel berpikir spasial peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test. Instrumen test berupa pilihan ganda (multiple-choice test). Teknik analisis yang digunakan adalah T- Test satu sampel dan Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media SIG dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran dengan merancang desain yang sederhana dan mudah digunakan serta basisdata sesuai kurikulum yang berlaku di sekolah. Media SIG yang dikembangkan melalui penelitian ini menunjukkan pengaruh dalam mengembangkan kemampuan berpikir spasial peserta didik sebelum dan sesudah di kelas eksperimen dan kelas kontrol SMAN 15 Kota Bandung dan kelas eksperimen SMA Pasundan 7 Kota Bandung. Terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan SIG dalam berpikir spasial peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media SIG pada pembelajaran geografi di SMAN 15 Kota Bandung dan di SMA Pasundan 7 Kota Bandung.---------The use of GIS applications for instructional media is still rarely developed in geography learning. Utilization of GIS as a medium of learning is constrained by the availability of applications that are still limited to the field of education. These limitations are primarily in terms of databases that fit the curriculum, the availability of local databases and simpler designs, making them easier for teachers and learners to use. Utilization of GIS media in geography learning aims to improve the spatial thinking of learners. Nevertheless, the study of the effect of GIS utilization on spatial thinking on learners is limited and inconsistent. Based on these circumstances, this research seeks to develop a Geographic Information System media that is easy to use and has the availability of data suitable for the interests of geography learning in Indonesia. The question posed is how to develop GIS applications as a medium of learning Geography and how the influence of GIS utilization on spatial thinking of learners in geography subjects. The experimental method used in this research is quasi-experiment by taking SMAN 15 and SMA Pasundan 7 Bandung as research location. The research was conducted in class XI IPS 2 SMAN 15 and XI IPS 1 SMA Pasundan 7 as experimental group and XI IPS 4 SMAN 15 and XI IPS 2 SMA Pasudan 7 as control group. The quasi-experiment design used was a design with an unequal control group. This study uses GIS variable as learning media, and spatial thinking variable of learners. The instrument used is the test instrument. The test instrument is a multiple-choice test. The analysis technique used was T-Test of one sample and KolmogorovSmirnov. The results showed that GIS media applications can be developed as a learning medium by designing a simple and easy to use design and database according to the curriculum applicable in schools. GIS media developed through this research shows the influence in developing spatial thinking ability of learners before and after in the experimental class and control class of SMAN 15 Bandung City and experimental class SMA Pasundan 7 Bandung. There is a significant difference of learning by using GIS in spatial thinking of learners in experimental class and control class who do not use GIS media on geography learning in SMAN 15 Bandung City and Pasundan 7 SMA Bandung. 
546 |a en 
690 |a G Geography (General) 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31021/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3121/