DIDACTICAL ENGINEERING PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Komunikasi matematis merupakan dasar untuk membangun kemampuan penalaran siswa. Akan tetapi hasil pengamatan pendahuluan menemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan komunikasi matematis. Beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah pembawaan siswa dan kemampuan guru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Azzahro, Noor Fatimah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-08.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3119/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05149 am a22003253u 4500
001 repoupi_31109
042 |a dc 
100 1 0 |a Azzahro, Noor Fatimah  |e author 
245 0 0 |a DIDACTICAL ENGINEERING PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR 
260 |c 2017-08-08. 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/1/T_PD_1507805_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/2/T_PD_1507805_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/3/T_PD_1507805_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/4/T_PD_1507805_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/5/T_PD_1507805_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/6/T_PD_1507805_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/7/T_PD_1507805_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/8/T_PD_1507805_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/9/T_PD_1507805_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31109/10/T_PD_1507805_Appendix.pdf 
520 |a Komunikasi matematis merupakan dasar untuk membangun kemampuan penalaran siswa. Akan tetapi hasil pengamatan pendahuluan menemukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan komunikasi matematis. Beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah pembawaan siswa dan kemampuan guru dalam mengemas pembelajaran. Untuk itu, usaha membangun komunikasi matematis perlu memperhatikan karakteristik siswa dan kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun desain pembelajaran yang dapat membangun kemampuan komunikasi matematis sekaligus kemampuan komunikasi instruksional guru. Penelitian diadakan di sebuah kelas 1 sekolah dasar di Bandung. Materi yang dikembangkan dalam desain ini adalah pengenalan bangun datar karena siswa kelas 1 SD mulai memasuki dalam tahap operasional konkret. Penelitian menggunakan metode didactical engineering. Data pada penelitian ini dikumpulkan secara kualitatif menggunakan Tes Kemampuan Responden, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menemukan hal-hal sebagai berikut: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan sudah berkembang, meskipun masih mengalami kesulitan dalam komunikasi matematis secara tulisan, (2) siswa masih menunjukkan hambatan belajar yang muncul akibat tingkat perkembangan kognitifnya yang belum matang, (3) guru menunjukkan kemampuan komunikasi instruksional yang baik karena memiliki pedoman dalam mengarahkan pembelajaran berupa prediksi respons siswa dan antisipasi terhadap respons-respons tersebut, dan (4) desain pembelajaran yang disusun sudah menunjukkan hasil yang diharapkan yang tampak dari kesesuaian prediksi respons siswa dengan respons yang muncul pada implementasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan didactical engineering pada materi bangun datar di kelas 1 SD dapat membangun kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemampuan komunikasi instruksional guru. Mathematical communication is essential in developing students' reasoning skill. However, preliminary observation found students' difficulties in mathematical communication. Some of the factors of the difficulties are students' personality and teacher's instructional ability. Therefore, any attempt to develop mathematical communications skill needs to pay attention to the aforementioned factors. This research aimed to design lessons to build students' mathematical communication skill and teacher's instructional communication skill. The research was conducted in a first grade classroom of a primary school in Bandung. The mathematical content of the lesson design was plane figures, namely triangles, quadrilaterals, and circle. The research was conducted using didactical engineering method. Data of the research was collected qualitatively using Repondents' Ability Test, observation, interview, and document analysis. The results showed that (1) although most students could perform good oral mathematical communication, some students still lack on written mathematical communications, (2) some learning obstacles were still observed due to students' cognitive development state, (3) teacher showed good instructional communication ability due to teacher's anticipation aspect of the lesson design, and (4) the lesson design itself was validated by comparison of a priori and a posteriori analysis which showed that students' responses occured as predicted during the lesson design implementation. Therefore, we conclude that the didactical engineering on plane figures is able to develop mathematical communication skill and instructional communication skill in lower grades of primary school. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31109/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3119/