KARAKTERISASI SOAL TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN ANALISIS ITEM RESPONSE THEORY PADA MATERI FLUIDA STATIS

Keterampilan berpikir kritis merupakan hal penting bagi guru, pelajar, dan administrasi lainnya. Namun, perhatian yang cukup belum diberikan terhadap pengukuran keterampilan berpikir kritis pada domain sains tertentu seperti fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi soal keterampilan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Komala, Popon (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31123/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03934 am a22003253u 4500
001 repoupi_31123
042 |a dc 
100 1 0 |a Komala, Popon  |e author 
245 0 0 |a KARAKTERISASI SOAL TES KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN ANALISIS ITEM RESPONSE THEORY PADA MATERI FLUIDA STATIS 
260 |c 2017-08-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/1/S_FIS_1305234_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/2/S_FIS_1305234_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/3/S_FIS_1305234_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/4/S_FIS_1305234_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/5/S_FIS_1305234_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/6/S_FIS_1305234_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/7/S_FIS_1305234_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/8/S_FIS_1305234_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/9/S_FIS_1305234_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/10/S_FIS_1305234_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31123/11/S_FIS_1305234_Appendix2.pdf 
520 |a Keterampilan berpikir kritis merupakan hal penting bagi guru, pelajar, dan administrasi lainnya. Namun, perhatian yang cukup belum diberikan terhadap pengukuran keterampilan berpikir kritis pada domain sains tertentu seperti fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi soal keterampilan berpikir kritis dengan kategori memberikan alasan (verbal reasoning), pengujian hipotesis (hypothesis testing), analisis argumen (argument analysis), kemungkinan dan analisis ketidakpastian (likelihood and uncertainty analysis), serta pemecahan masalah dan pembuatan keputusan (problem-solving and decisioan making). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Dalam melaksanakan penelitian ini ada empat tahap yang dilakukan yaitu tahap pendahuluan, tahap konstruksi tes, tahap uji coba, dan tahap karakterisasi. Hasil dari uji coba ini menunjukkan bahwa soal tes yang telah di konstruksi valid dan reliabel untuk siswa yang memiliki kemampuan rata-rata sampai berkemampuan tinggi (diatas rata-rata). Berdasarkan temuan tersebut dapat dinyatakan bahwa soal yang telah dibuat mampu untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada materi fluida statis, Kata kunci: keterampilan berpikir kritis; karakterisasi; deskriptif; kuantitatif; valid; reliabel. Characterization of Critical Thinking Skills Tests Using Item Response Theory Analysis in Static Fluid Materials Critical thinking skills are important for teachers, students, and other administrators. However, considerable attention has not been given to the measurement of critical thinking skills on certain scientific domains such as physics. This study aim to characterize critical thinking skills in the categories of verbal reasoning, hypothesis testing, argument analysis, likelihood and uncertainty analysis, problem solving and decision-making. The method used in this research is descriptive and quantitative approach. In this research there are four stages that carried out the preliminary stage, test construction phase, test phase, and characterization stage. The results showed that the test that have been constructed are valid and reliable for students who have average ability to high-ability (above average). Based on these findings it can be stated that the problems that have been made are able to measure critical thinking skills on static fluid materials. Keywords: critical thinking skills; characterization; descriptive; quantitative; valid; reliable. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31123/ 
787 0 |n hhtp://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31123/