REDESAIN PEMBELAJARAN PADA MATERI RUMUS KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Penelitian ini didasarkan atas adanya permasalahan kesenjangan antara implementasi pembelajaran kimia yang dilakukan dengan tuntutan kurikulum serta kesulitan belajar peserta didik pada materi rumus kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meredesain pembelajaran kimia di SMA pada materi rumus...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hegarwati, Wini (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31134/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini didasarkan atas adanya permasalahan kesenjangan antara implementasi pembelajaran kimia yang dilakukan dengan tuntutan kurikulum serta kesulitan belajar peserta didik pada materi rumus kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meredesain pembelajaran kimia di SMA pada materi rumus kimia dalam menetapkan standar tujuan, isi, dan proses pembelajaran. Metode deskriptif kualitatif dengan obyek berupa dokumen pembelajaran, meliputi silabus, buku ajar, jurnal penelitian pendidikan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kimia SMA dari dalam dan luar negeri. Subyek penelitian adalah ahli pendidikan kimia dan guru kimia SMA sebagai validator. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui pengkategorisasian komponen tujuan, materi, dan proses pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa capaian belajar rumus kimia ditekankan pada kemampuan menuliskan, menentukan rumus kimia, memberi nama, menuliskan nama, mendefinisikan, mengetahui, mendiskusikan, dan melakukan percobaan. Konsep esensial rumus kimia yang harus dikembangkan meliputi konsep valensi dan konsep senyawa (biner, ion, kovalen) sebagai konsep prasyarat; konsep rumus kimia, tata nama senyawa, dan konsep rumus empiris dan rumus molekul sebagai konsep utama; dan sebagai konsep pengayaan dapat diterapkan pada tabel periodik, persamaan reaksi, kegunaan unsur dan senyawa, serta pada konsep hidrokarbon.Strukturisasi konten rumus kimia diwujudkan dalam bentuk peta konsep dan struktur makro yang meliputi dua level, level pertama adalah konsep rumus kimia serta level kedua adalah konsep tatanama senyawa. Proses pembelajaran menekankan pada model pembelajaran konstruktif melalui pendekatan berbasis masalah, dengan menggunakan metode diskusi dan media puzzle, Kata kunci: redesain, pembelajaran, rumus kimia, Standar Tujuan, Standar Isi, Standar Proses This study designed based on discrepancy between the implementation of learning chemistry with the formed chemistry curriculum also student difficulties in learning chemical formulae. Furthermore, this study aimed to redesign the chemistry learning of highschool for chemical formulaeon relevance with standard of the objectives, the contexts and the processes. Descriptive qualitative method design use for the learning documents, such as syllabi, text-books, journal of education researches, and lesson plans of highschool chemistry as objects for this study. The subjects for this study are chemist-edu experts and high-school chemist-teachers as validator. Qualitative technique selected for analyzing the data, then categorized them into each components of the outcomes, chemistry contents, and instructional processes. The result showed that the learning outcomes of chemical formulae consists of to writing, determining chemical formulae, naming, writing name, defining, recognizing, discussing, and carry out experiments.The essential concepts that should be developed of chemical formulae comprises of valence, compounds (biner, ion, covalent) as prerequisite concepts; chemical formulae, naming compounds, empirical formulae and molecular formulae as main concepts; and for the applied concepts are periodic table, chemical reaction, use of elements and compounds, and hydrocarbon concept. The content structurization of chemical formulae represented as concept map and macro structure that consists of two level, first is chemical formulae and second is naming compounds. The instructional processes are more emphasizing to constructive model through problem based learning approach, using discuss method and puzzle media.. Key Words:Redesign, Learning, chemical formulae, The Objective Standard, The Context Standard, The Process Standard.
Item Description:http://repository.upi.edu/31134/1/S_KIM_1200638_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31134/2/S_KIM_1200638_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31134/3/S_KIM_1200638_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31134/4/S_KIM_1200638_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31134/5/S_KIM_1200638_Chapter2.doc
http://repository.upi.edu/31134/6/S_KIM_1200638_Cha-pter3.pdf
http://repository.upi.edu/31134/7/S_KIM_1200638_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31134/8/S_KIM_1200638_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31134/9/S_KIM_1200638_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31134/10/S_KIM_1200638_Appendix.pdf