IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMAN 1 CIKARANG UTARA DAN MAN KABUPATEN BEKASI

Penelitian ini mendeskripikan, menganalisis, dan mengkaji sejauhmana peningkatan profesionalisme guru dengan menggunakan program supervisi akademik sebagai upaya untuk mengetahui hasil supervisi akademik yang dilakukan berhasil atau tidak dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 1 Cikarang Ut...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Istianah, Iis (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-09-07.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31152/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05238 am a22003013u 4500
001 repoupi_31152
042 |a dc 
100 1 0 |a Istianah, Iis  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMAN 1 CIKARANG UTARA DAN MAN KABUPATEN BEKASI 
260 |c 2017-09-07. 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/1/T_ADPEN_1503249_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/2/T_ADPEN_1503249_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/3/T_ADPEN_1503249_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/9/T_ADPEN_1503249_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/10/T_ADPEN_1503249_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/4/T_ADPEN_1503249_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/5/T_ADPEN_1503249_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/6/T_ADPEN_1503249_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/7/T_ADPEN_1503249_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31152/8/T_ADPEN_1503249_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini mendeskripikan, menganalisis, dan mengkaji sejauhmana peningkatan profesionalisme guru dengan menggunakan program supervisi akademik sebagai upaya untuk mengetahui hasil supervisi akademik yang dilakukan berhasil atau tidak dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Pendidikan yang bermutu dilihat baik dari sisi input, process, output, maupun outcome. Input pendidikan yang bermutu meliputi kurikulum, fasilitas, dan berbagai aspek penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Proses pendidikan yang bermutu adalah proses pembelajaran yang bermutu. Output pendidikan yang bermutu adalah lulusan yang memiliki kompetensi yang disyaratkan dan outcome pendidikan yang bermutu adalah lulusan yang mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau terserap pada dunia usaha atau dunia industri. Kepala sekolah sebagai supervisor melaksanakan pembinaan dan penilaian teknik dan administratif pendidikan terhadap sekolah yang menjadi tanggungjawabnya melalui pemantauan supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan. Fokus penelitian pada tesis ini terkait program supervisi akademik kepala sekolah, proses penyusunan program supervisi kepala sekolah, pelaksanaan program supervisi kepala sekolah, monitoring dan evaluasi kegiatan supervisi kepala sekolah, serta dampak dan tindak lanjut supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penentuan lokasi didasarkan pada kekhasan masalah yang dihadapi di sekolah negeri dan sekolah swasta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik Penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini diharapkan akan menemukan mengenai deskripsi dan uraian mengenai supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru, Kata Kunci: Mutu Sekolah, Profesionalisme Guru, Supervisi Akademik, This research describes, analyzes, and assesses the extent of teacher professionalism improvement by using the academic supervision program as an effort to know the results of academic supervision performed successfully or not in improving the professionalism of teachers at SMAN 1 Utara Cikarang and MAN Kabupaten Bekasi. Quality education is viewed from their inputs, processes, outputs, and outcomes. Quality educational inputs include curriculum, facilities, and various aspects of quality education. Quality education process is a quality learning process. Quality education output is graduates who have the required competencies and quality education outcomes are graduates who are able to continue to higher education or absorbed in the business world or industrial world. The principal as a supervisor carries out the training and technical and administrative assessment of education on the schools under his responsibility through supervision monitoring, evaluation, reporting, and follow-up of supervisory results. The research focuses on the principal supervision supervision program, the process of preparing the principal supervision program, implementation of the principal supervision program, monitoring and evaluation of principal supervision activities, and the impact and follow-up of the principal's supervision in improving teacher professionalism. Location determination was based on the specificity of the problems faced in public schools and private schools. This study used qualitative approach with sampling based on purposive sampling and snowball sampling. The research technique used is observation, interview, and document study. The results of this study are expected to find out about the description and description of academic supervision in improving the professionalism of teachers. Key words: Academic Supervision, Graduate Quality, Teacher Professionalism. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31152/ 
787 0 |n hhtp://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31152/