PENGARUH KETERAMPILAN GURU DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK BINA WISATA LEMBANG

Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Wisata Lembang. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan belum optimalnya hasil belajar siswa yang masih belum mampu mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurlatifah, Novi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3124/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan di SMK Bina Wisata Lembang. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan belum optimalnya hasil belajar siswa yang masih belum mampu mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan, hal ini disebabkan oleh kurang terampilnya guru dalam mengajar dan rendahnya disiplin belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu keterampilan mengajar guru (X1), disiplin belajar siswa (X2) dan hasil belajar siswa (Y). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat keterampilan mengajar guru, untuk mengetahui gambaran tingkat disiplin belajar siswa, untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 siswa di SMK Bina Wisata Lembang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa keterampilan mengajar guru berada pada kategori hampir tinggi dan disiplin belajar siswa berada pada kategori tinggi. Uji hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMK Bina Wisata Lembang. -------------------------- This research was conducted at SMK Bina Wisata Lembang. The issue that is being studied in this research is the low of student learning result. It is marked by have not optimal result of student learning which still have not able to reach KKM value (Minimum Criteria of Complete) which have been determined, this is caused by less skill of teacher in teaching and low student learning discipline. This research consists of three variables, namely teacher teaching skill (X1), student learning discipline (X2) and student learning result (Y). The aim of this research is to know the description of teacher's skill level, to know the description of the student's discipline level, to know the level of student's learning result, to find out how much influence the teacher's teaching skill to student learning result, to know how much influence student's discipline to the result student learning and to know how much influence of teacher's teaching skill and student's learning discipline to student learning result. This research using descriptive method dan verificative. Population in this research is amount 62 students at SMK Bina Wisata Lembang. The analysis technique data which use is a multiple regression analysis. Based the result of research, obtained the information that the teacher's teaching skill there is on almost high category and student learning discipline there is on high category. Hypotesis testing shows that the teacher's teaching skill and student learning discipline weigh significant towards the result of student learning result at SMK Bina Wisata Lembang.
Item Description:http://repository.upi.edu/31204/1/S_PKR_1306266_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31204/2/S_PKR_1306266_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31204/3/S_PKR_1306266_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31204/4/S_PKR_1306266_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31204/5/S_PKR_1306266_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31204/6/S_PKR_1306266_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31204/7/S_PKR_1306266_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31204/8/S_PKR_1306266_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31204/9/S_PKR_1306266_Bibliogrphy.pdf
http://repository.upi.edu/31204/10/S_PKR_1306266_Appendix.pdf