MODIFIKASI PERILAKU MELALUI TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI: Penelitian Eksperimen Kuasi padaAnak di Taman Kanak-kanak Ar-Rahman Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017

Penelitian ini bertujuan mengembangkan program modifikasi perilaku dengan menggunakan teknik token economy yang efektif untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab anak di TK Ar-Rahman Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017. Program modifikasi perilaku dirancang berdasarkan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pujiati, Nia Indah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3125/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04834 am a22003133u 4500
001 repoupi_31205
042 |a dc 
100 1 0 |a Pujiati, Nia Indah  |e author 
245 0 0 |a MODIFIKASI PERILAKU MELALUI TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB ANAK USIA DINI: Penelitian Eksperimen Kuasi padaAnak di Taman Kanak-kanak Ar-Rahman Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017 
260 |c 2017-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/1/T_PP_1402346_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/2/T_PP_1402346_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/3/T_PP_1402346_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/4/T_PP_1402346_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/5/T_PP_1402346_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/6/T_PP_1402346_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/7/T_PP_1402346_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/8/T_PP_1402346_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/9/T_PP_1402346_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31205/10/T_PP_1402346_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan mengembangkan program modifikasi perilaku dengan menggunakan teknik token economy yang efektif untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab anak di TK Ar-Rahman Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017. Program modifikasi perilaku dirancang berdasarkan studi tentang gejala rendahnya perilaku tanggung jawab, faktor penyebab rendahnya perilaku tanggung jawab, akibat rendahnya perilaku tanggung jawab, dan kebutuhan akan adanya program yang dapat meningkatkan perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi dan pretest-postest control group design. Penelitian ini melibatkan 42 anak sebagai subjek penelitian, yang terdiri dari 25 anak sebagai kelompok kontrol dan 17 anak sebagai kelompok eksperimen. Secara umum, perilaku tanggung jawab anak usia dini kelompok B di TK Ar-Rahman Kabupaten Sukahening Tahun Ajaran 2016/2017 berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase sebesar 66,67%. Peningkatan perilaku tanggung jawab anak setelah diberikan teknik token economy dapat dilihat dari adanya peningkatan yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen sebesar 7,11 dan pada kelompok kontrol sebesar 1,56. Peningkatan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen memiliki hasil yang berbeda dan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa modifikasi perilaku melalui teknik token economy dapat meningkatkan perilaku tanggung jawab anak kelompok B di TK Ar-Rahman Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih memperluas populasi penelitian sehingga dapat meminimalisir keterbatasan penelitian mengenai validitas eksternal penelitian ini. This study aims to develop a behavior modification program by using effective token economy technique to improve the responsibility behavior of children in kindergarten Ar-Rahman Sukahening District Tasikmalaya Regency Year 2016/2017. Behavior modification programs are designed based on the study of symptoms of low levels of responsibility behavior, factors causing low levels of responsibility behavior, due to low behavioral responsibilities, and the need for programs that can improve the behavior. This research uses quantitative approach with quasi experiment method and pretest-postest control group design. The study involved 42 children as a research subject, consisting of 25 children as a control group and 17 children as an experimental group. In general, the behavior of group B's early childhood responsibilities in Ar-Rahman Kindergarten Sukahening District of the academic year 2016/2017 is in the medium category with the number of percentage of 66.67%. The improvement of children's responsibility behavior after given token economy technique can be seen from the higher increase in the experimental group of 7.11 and in the control group of 1.56. The improvement in the control group and experimental group has different and significant results. It can be concluded that behavior modification through token economy technique can improve the responsibility behavior of group B children in Ar-Rahman TK Kecamatan Sukahening Tasikmalaya Regency Academic Year 2016/2017. Subsequent research is expected to further expand the study population so that can minimize the limitations of research on the external validity of this study. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31205/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3125/