KARAKTERISASI SOAL TES KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF ILMIAH TOPIK MEKANIKA KLASIK DENGAN ANALISIS ITEM RESPONSE THEORY

Berdasarkan studi literatur ditemukan bahwa perkembangan penelitian kreativitas sudah banyak dilakukan dan telah diteliti lebih luas karena banyaknya ketersediaan instrumen. Namun, instrumen kreativitas tersebut tidak dapat menilai kreativitas ilmiah. Di bidang kreativitas ilmiah sendiri, sebagian p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yulyanti, Ade Tri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3129/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Berdasarkan studi literatur ditemukan bahwa perkembangan penelitian kreativitas sudah banyak dilakukan dan telah diteliti lebih luas karena banyaknya ketersediaan instrumen. Namun, instrumen kreativitas tersebut tidak dapat menilai kreativitas ilmiah. Di bidang kreativitas ilmiah sendiri, sebagian peneliti berfokus pada kreativitas ilmiah pada masa lampau baik itu berupa produk maupun proses ilmuwan melakukan aktivitas kreativitas ilmiah, sedangkan masih sedikit penelitian tentang kreativitas ilmiah siswa khususnya di sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi tes keterampilan berpikir kreatif ilmiah dengan analisis Item Response Theory, serta menentukan validitas dan reliabilitas menggunakan teori tes klasik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitiannya menggunakan penelitian instrumentasi. Peserta penelitian yang dilibatkan yaitu 15 siswa pada uji coba pendahuluan dan 84 siswa pada uji coba luas yang berasal dari dua SMA swasta di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan melalui 3 cara yaitu validasi ahli, wawancara, dan tes. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program perangkat lunak IRTPRO4, Cronbach's Alpha, dan Aiken V. Setelah dilakukan analisis data, didapat perangkat tes ini merupakan perangkat tes yang baik. Tes KBKI ini akan reliabel atau akan memberikan informasi maksimum apabila digunakan pada peserta tes yang memiliki kemampuan dari kategori sedang hingga tinggi. Perangkat tes ini memiliki validitas yang sedang dan reliabilitas yang tinggi. Kata kunci: Kreatif ilmiah, tes kreatif ilmiah, item response theory, Based on literature, the development of creativity research has been researched and most extensively studied because of the availability of instruments for measure that. However, such an instrument of creativity can not measure the scientific creativity. In the field of scientific creativity itself, mostly researchers focus on scientific creativity in the past either in the form of products and processes of scientist's scientific creativity activities, while some research on students' scientific creativity, especially in high school. This study aimed to characterize scientific creativity thinking skills test with Item Response Theory analysis, As well as determining validity and reliability using classical test theory. The research method used in this research is descriptive quantitative with research design using instrumentation research. Participants included 15 students in preliminary trials and 84 students on extensive trials from two high schools in Bandung. Data collection is through 3 ways that is expert validation, interview, and test. The data processing used a software program IRTPRO4, Cronbach's Alpha, and Aiken V. After analyzing, this test is a good test. Scientific creativity test will be reliable or will provide maximum information when used in the test participants who have the ability of the medium to high category. This test has moderate validity and high reliability. Keywords: scientific creativity, scientific creativity test, item response theory
Item Description:http://repository.upi.edu/31209/1/S_FIS_1306339_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31209/2/S_FIS_1306339_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31209/3/S_FIS_1306339_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31209/4/S_FIS_1306339_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31209/5/S_FIS_1306339_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31209/6/S_FIS_1306339_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31209/7/S_FIS_1306339_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31209/8/S_FIS_1306339_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31209/9/S_FIS_1306339_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31209/10/S_FIS_1306339_Appendix.pdf