ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI INTERAKTIF PADA MATERI POKOK KARAKTERISTIK ZAT

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran karakteristik zat dengan menggunakan metode Demonstrasi Interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian berupa consurrent embedded atau ca...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wijaya, Mahfudin Indra (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3122/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04585 am a22003133u 4500
001 repoupi_31220
042 |a dc 
100 1 0 |a Wijaya, Mahfudin Indra  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs KELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI INTERAKTIF PADA MATERI POKOK KARAKTERISTIK ZAT 
260 |c 2017-07-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/1/S_FIS_1005201_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/2/S_FIS_1005201_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/3/S_FIS_1005201_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/4/S_FIS_1005201_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/5/S_FIS_1005201_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/6/S_FIS_1005201_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/7/S_FIS_1005201_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/8/S_FIS_1005201_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/9/S_FIS_1005201_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31220/10/S_FIS_1005201_Appendix.pdf 
520 |a Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran karakteristik zat dengan menggunakan metode Demonstrasi Interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian berupa consurrent embedded atau campuran tidak seimbang. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas VIIdi salah satu MTs di kota Bandung. Pengambilan data sikap ilmiah dilakukan dengan observasi dan angket, sedangkan prestasi belajar dengan tes. Data angket dan observasi diolah dengan menghitung skor siswa,yang kemudian di analisis dengan cara menentukan nilai rata-rata yang di capai oleh kelas pada masing-masing indikator sikap ilmiah, lalu di interpretasikan ke dalam kategori sikap ilmiah. Sementara hasil tes dianalisis dengan menggunakan effect size.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing aspek sikap ilmiah cenderung mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Demonstrasi Interaktif. Sikap ilmiah siswa pada ranah konatif (keterampilan sikap) menunjukkan bahwa sikap jujur merupakan sikap dengan pencapaian tertinggi. Sikap tanggung jawab dan sikap jujur siswa berada pada kategori baik sekali. Sedangkan sikap ingin tahu siswa berada pada kategori cukup, namun menunjukkan peningkatan terbesar. Sikap ilmiah pada ranah kognitif (pengetahuan sikap) menunjukkan bahwa sikap tanggung jawab merupakan sikap dengan pencapaian dan peningkatan terbesar.Sementara itu, prestasi belajar siswa menunjukkan peningkatan pada kategori sedang. Kata Kunci : Sikap ilmiah, Prestasi Belajar, Demonstrasi Interaktif. The purpose of this research was to get profile about students' scientific attitudes and achievement on learning characteristics of substances by using Interactive Demonstration method. The method used is a mixed methodswith research design was consurrent embedded. The sample consisted of 30 students from one junior high school (MTs) in Bandung. Intake of scientific attitude data is done by observation and questionnaire, whereas learning achievement with test. Questionnaire and observation data were processed by calculating the students score, which then analyzed by determining the average value achieved by the class on each indicator of scientific attitude, then interpreted into the category of scientific attitude. While the test results are analyzed by using effect size. The results showed that each aspect of scientific attitude tended to increase after learning using Interactive Demonstration. The students' scientific attitude at the conative domain (attitude skills) shows that honesty is the attitude with the highest attainment. The attitude of responsibility and honest attitude of the students are in very good category. While the student's curiosity is in the category of enough, but shows the greatest improvement. Scientific attitude at the cognitive domain (attitude knowledge) shows that the attitude of responsibility is the attitude with the greatest achievement and improvement. Meanwhile, students' learning achievement shows improvement in the medium category. Keyword : Scientific Attitude, Learning Achievement, Interactive Demonstration 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31220/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3122/