MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP : Penelitian Tindakan Kelas: XI MIPA MAS YPIA Cikeris Purwakarta

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi di kelas yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memiliki kemampuan komunikasi yang optimal. Hal tersebut terlihat dari kurang jelasnya penyampaian siswa dalam berkomunikasi ketika pembelajaran, dari segi suara maupun intonasi, siswa terlihat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Milati, Rafaini (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31221/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi di kelas yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memiliki kemampuan komunikasi yang optimal. Hal tersebut terlihat dari kurang jelasnya penyampaian siswa dalam berkomunikasi ketika pembelajaran, dari segi suara maupun intonasi, siswa terlihat kaku ketika berbicara di depan siswa lain, serta siswa terlihat kurang menguasai materi ketika menjelaskan di depan kelas. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki permasalahan kemampuan komunikasi siswa tersebut, yaitu dengan menggunakan media Mind Map ini. Dengan segala karakteristik yang dimilikinya, Mind Map dinilai dapat mengatasi masalah komunikasi siswa pada saat pembelajaran. Mind Map dapat digunakan untuk membantu siswa mengingat dan memahami materi dengan baik, yang notabene hal tersebut merupakan penunjang siswa dalam berkomunikasi. Berdasarkan hal tersebut skripsi ini mengangkat tentang bagaimana merancang pembelajaran sejarah dengan menggunakan media Mind Map, bagaimana menerapkan media tersebut dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, bagaimana mengatasi kendala yang ditemukan ketika penelitian, serta bagaimana akhirnya kemampuan komunikasi pada siswa setelah diberi tindakan penggunaan media Mind Map dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan ialah PTK dengan desain Kemmis-Tagart yang di dalam satu siklus memuat satu tindakan. Setelah melalui empat kali tindakan di dalam empat siklus, kemampuan komunikasi siswa menunjukkan peningkatan. Hal ini terindikasi dari penyampaian siswa mulai terdengar jelas, pembawaan siswa ketika berkomunikasi terlihat santai, penguasaan materi siswa sudah cukup baik, dan kegiatan diskusi berjalan efektif karena komunikasi berjalan secara dua arah. Meningkatnya kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran sejarah ini seiring dengan semakin baiknya Mind Map yang siswa buat. Kata Kunci: Mind Map, Kemampuan Komunikasi, Penelitian Tindakan Kelas, This research is based on class observation which shows that the majority of students do not have an optimal communication skill. It can be seen from the students' lack of clarity of communication in lesson, not only the tone but also the intonation, students look rigid while speaking in front of other students, moreover students look not really understand the material while explaining in front of the class. Therefore, this research is aimed to overcome the problem of students' communication skill, by using the Mind Map media. With all the features, Mind Map assessed to overcome the problem of student communication at the time of learning. Mind Map can be used to help students remember and understand the material well, which notabene can support students in communication. According to these, this paper raised the discussion about how to design history learning by using Mind Map media, how to apply the media in learning to improve students' communication skill, how to overcome the obstacle which is found in the research, and alsohow finallystudents' communication skills after being given the act of using media Mind Map in learning history. The research method that is used is CAR (Classrooms Action Research) desaigned by Kemmis-Tagart which in one cycle contain one act. After four steps in four cycles, students' communication skills show improvement. This is indicated by the delivery of the students began to sound clear, the innate students when communicating looks relaxed, the mastery of student material is good enough, and discussion activities work effectively because the communication goes both ways. Increased communication skills of students in this history learning along with the better Mind Map that students made. Keywords: Mind Map, Communication Skill, Classrooms Action Research
Item Description:http://repository.upi.edu/31221/1/S_SEJ_1201855_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31221/2/S_SEJ_1201855_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31221/3/S_SEJ_1201855_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31221/4/S_SEJ_1201855_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31221/5/S_SEJ_1201855_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31221/6/S_SEJ_1201855_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31221/7/S_SEJ_1201855_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31221/8/S_SEJ_1201855_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31221/9/S_SEJ_1201855_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31221/10/S_SEJ_1201855_Appendix.pdf