HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK : studi korelasional terhadap peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kawali tahun ajaran 2017/2018

Penelitian ini didasari oleh suatu fenomena bahwa peserta didik cenderung kurang disiplin, kurang aktif di dalam kelas, suka ribut di dalam kelas sehingga memunculkan suasana kelas tidak kondusif. Selain itu, peserta didik kurang percaya dengan kemampuan akademiknya. Iklim kelas tersebut mempengaruh...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sondari, Neri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31234/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04600 am a22003133u 4500
001 repoupi_31234
042 |a dc 
100 1 0 |a Sondari, Neri  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK : studi korelasional terhadap peserta didik kelas VIII SMPN 3 Kawali tahun ajaran 2017/2018 
260 |c 2017-08-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/1/S_PPB_1300426_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/2/S_PPB_1300426_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/3/S_PPB_1300426_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/4/S_PPB_1300426_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/5/S_PPB_1300426_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/6/S_PPB_1300426_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/7/S_PPB_1300426_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/8/S_PPB_1300426_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/9/S_PPB_1300426_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31234/10/S_PPB_1300426_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini didasari oleh suatu fenomena bahwa peserta didik cenderung kurang disiplin, kurang aktif di dalam kelas, suka ribut di dalam kelas sehingga memunculkan suasana kelas tidak kondusif. Selain itu, peserta didik kurang percaya dengan kemampuan akademiknya. Iklim kelas tersebut mempengaruhi konsep diri akademik peserta didik. Hal ini yang menyebabkan penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai konsep diri akademik dengan iklim kelas. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data empirik tentang hubungan konsep diri akademik dengan iklim kelas kelas VIII di SMP Negeri 3 Kawali tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan desain korelasional. Penelitian ini dilakukan kepada 167 sampel peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kawali T ahun Ajaran 2017/2018, tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Ketercapaian tingkat konsep diri akademik diukur menggunakan angket sesuai dengan dimensi, aspek dan indikator konsep diri akademik dan iklim kelas. Temuan Penelitian menunjukkan 1) secara umum konsep diri akademik peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kawali Tahun Ajaran 2017/2018, berada pada kategori negatif. 2) seacara umum iklim kelas peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kawali Tahun Ajaran 2017/2018, berada pada kategori tidak kondusif. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan konsep diri akademik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kawali Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Iklim Kelas, Konsep diri akademik, This study is based on a phenomenon that learners tend to be less disciplined, less active in the classroom, fuss in class, which causes the emergence of an atmosphere is not conducive atmosphere. In addition, learners are less confident in their academic ability. The classroom climate affects the academic self-concept of learners. This becomes the background for a deeper examination of academic self-concept with classroom climate. The purpose of this study is to obtain empirical data about the correlation of self-concept academic classroom with climate class of Second Graders in second graders of Junior High School in SMP Negeri 3 Kawali in 2017/2018. This research used quantitative approach with descriptive method and correlation design. This study was conducted to 167 students of Second Graders in second graders of Junior High School in SMP Negeri 3 Kawali in 2017/2018, sampling technique in this study using saturated samples. The achievement level of academic self-concept is measured using a questionnaire according to the dimensions, aspects and indicators of academic self-concept and classroom climate. The findings of the research indicate that 1) the general concept of the academic self-concept of second graders of Junior High School in SMP Negeri 3 Kawali in 2017/2018 is in the negative category. 2) a general class climate of second graders of Junior High School in SMP Negeri 3 Kawali in 2017/2018 is not conducive category. 3) there is a significant correlation between class climate with academic self concept of Junior High School in SMP Negeri 3 Kawali in 2017/2018. Keywords: Academic Self Concept, Classroom Climate 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a H Social Sciences (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31234/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31234/