PENINGKATAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VII SMPLB BAGIAN C CIPAGANTI BANDUNG

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus melalui kegiatan meronce pada anak tunagrahita sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan single subject reseach (SSR), yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan unt...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Maulida, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31252/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus melalui kegiatan meronce pada anak tunagrahita sedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan single subject reseach (SSR), yaitu penelitian eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari suatu perlakuan/treatment yang diberikan kepada subjek secara berulang-ulang dalam waktu tertentu.adapun desain SSR yang digunakan dalam penelitian ini desain A-B-A, analisis data dengan menggunakan grafik garis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan meronce selama 16 sesi dengan menggunakan 30 soal, 12 ketahanan dan 18 ketepatan. Bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus , hal ini dapat dilihat dari kondisi baseline 1 (A) mean level kemampuan membaca permulaan adalah 33,33%, pada saat diberikan intervensi (B) adalah 52,22 % dan pada saat diberikan baseline 2 (A) mean level pada kemampuan motorik halus adalah 66,66 %. Sehinga dapat disimpulkan bahwa kegiatan meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada subjek IPH. Kata Kunci : Anak Tunagrhita sedang, Kegiatan Meronce, Kemampuan Motorik Halus ABSTRACK This study was conducted with the aim to improve fine motor skills through meronce activities in children with moderate intellectual disability. The method used in this research is the experimental method with the design of single subject reseach (SSR), that is experimental research conducted to find out how much influence of a treatment / treatment given to the subject repeatedly in a certain time. The SSR design is used In this study ABA design, data analysis by using line graph. The results showed that the activity meronce for 16 sessions using 30 questions, 12 endurance and 18 precision. That there is an increase in fine motor ability, this can be seen from the baseline condition 1 (A) the mean reading level of beginning is 33,33%, when given intervention (B) is 52,22% and when given baseline 2 (A) Mean level on fine motor ability is 66,66%. So it can be concluded that meronce activity can improve fine motor ability on IPH subject. Keywords: Moderate Intellectual Disability, Meronce Activities, Fine Motor Skill
Item Description:http://repository.upi.edu/31252/1/S_PKH_1307906_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31252/2/S_PKH_1307906_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31252/3/S_PKH_1307906_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31252/4/S_PKH_1307906_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31252/5/S_PKH_1307906_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31252/6/S_PKH_1307906_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31252/7/S_PKH_1307906_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31252/8/S_PKH_1307906_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31252/9/S_PKH_1307906_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31252/10/S_PKH_1307906_Appendix.pdf