PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS:Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII - B SMPN 45 Bandung

Permasalahan yang timbul dari hasil pengamatan peneliti pada pembelajaran di kelas VIII - B SMPN 45 Bandung. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, peneliti melihat kurangnya rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran siswa terlihat ja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Widiawati, Riska Mustika (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31268/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang timbul dari hasil pengamatan peneliti pada pembelajaran di kelas VIII - B SMPN 45 Bandung. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, peneliti melihat kurangnya rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran siswa terlihat jarang bertanya, jarang memberikan pendapatnya, cenderung pasif dalam pembelajaran dan kurang antusias pada saat pelajaran IPS. Melihat permasalahan tersebut, maka penliti memilih penelitian tindakan kelas dengan desain yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart (dalam Trianto, 2011:30) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Alternatif pemecahan masalah yang dipilih adalah dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD). Metode cooperative learning tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang mempunyai keunggulan untuk memberikan pemahaman konsep materi yang sulit kepada siswa dimana materi pembelajaran dipersiapkan oleh guru dalam lembar kerja atau perangkat pembelajaran yang lain. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode ccooperative learning tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dapat dikatakan berhasil. Adapun peningkatan rasa ingin tahu siswa tersebut dapat dilihat dari ketercapaian indikator yang dicapai oleh siswa diantaranya adalah 1) Bertanya, 2) menjawab pertanyaan yang muncul dalam proses pembelajaran, 3) keterampilan merespon, 4) perhatian, 5) memiliki inisiatif dan antusias, 6) memiliki sikap kreatif, 7) berkontribusi dalam kegiatan diskusi/proyek, 8) melakukan pengayaan. Seluruh aspek ini mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus ketiga, dari kualitas kurang, cukup menjadi baik. Kesimpulannya, penerapan metode cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran IPS, Kata kunci : Rasa Ingin Tahu, metode pembelajaran cooperative learning tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD, The problems arising from the observations of the researchers on the study IPS in class VIII - B SMPN 45 Bandung. Based on observations made by researchers noticed a lack of curiosity in students learning social science. This is apparent in the learning process of students seen asked and giving his opinion rarely, tent to be passive in learning and less enthusiastic at the time the lessons of social science. Look of these problems, the researcher chose class action research with the design of the research developed by Kemmis & Taggart (in Trianto, 2011:30) are implemented as much as 3 cycles. An alternative workaround is to use the selected learning method of Students Teams Achievement Divisions (STAD). Cooperative learning method of STAD is a type of cooperative learning that has the advantage to provide a difficult concept of material understanding to students where learning materials prepared by teachers in worksheet or other learning tools. The implementation of cooperative learning with learning use learning type STAD to increase the curiosity of the students can be calles succesfull. As for the improvement of the students curiosity can be seen from achievement indicators achieved them is students who 1) ask, 2) answer the questions that appear in the learning, 3) skill to respon, 4) attention, 5) have initiative and enthusiasm, 6) has a creative attitude, 7) contribute in the discussion activities/project, 8) doing enrichment. All aspect of this experience increased from the first to the third cycle from the quality of less, of less quality, enough to be good. In conclusion, the application of the cooperative learning method of learning type STAD can increase the curiosity of students in social science learning. Keyword : Curiosity, cooperative learning method learing type Students Teams Achievement Divisions (STAD).
Item Description:http://repository.upi.edu/31268/1/S_PSIPS_1300091_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31268/2/S_PSIPS_1300091_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31268/3/S_PSIPS_1300091_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31268/4/S_PSIPS_1300091_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31268/5/S_PSIPS_1300091_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31268/6/S_PSIPS_1300091_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31268/7/S_PSIPS_1300091_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31268/8/S_PSIPS_1300091_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31268/9/S_PSIPS_1300091_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31268/10/S_PSIPS_1300091_Appendix.pdf