STEM LEARNING ON ELECTRICITY USING ARDUINO-ANDROID GAME BASED EXPERIMENT TO IMPROVE 8TH GRADE STUDENTS' STEM LITERACY

STEM adalah pendekatan interdisipliner yang memberikan suasana belajar dimana siswa dapat menggunakan sains, teknologi, engineeringdan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan STEM adalah mendidik siswa agar berliterasi STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran STEM pada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yasin, Alifa Irna (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31291/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05389 am a22003253u 4500
001 repoupi_31291
042 |a dc 
100 1 0 |a Yasin, Alifa Irna  |e author 
245 0 0 |a STEM LEARNING ON ELECTRICITY USING ARDUINO-ANDROID GAME BASED EXPERIMENT TO IMPROVE 8TH GRADE STUDENTS' STEM LITERACY 
260 |c 2017-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/1/S_IPSE_1300171_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/2/S_IPSE_1300171_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/3/S_IPSE_1300171_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/4/S_IPSE_1300171_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/5/S_IPSE_1300171_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/6/S_IPSE_1300171_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/8/S_IPSE_1300171_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/7/S_IPSE_1300171_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/9/S_IPSE_1300171_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/10/Appendix%20B.1%20STEM%20Literacy%20Instrument%20Test.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31291/11/Appendix%20B.2%20STEM%20Learning%20Implementation%20Observation%20Sheet.pdf 
520 |a STEM adalah pendekatan interdisipliner yang memberikan suasana belajar dimana siswa dapat menggunakan sains, teknologi, engineeringdan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan STEM adalah mendidik siswa agar berliterasi STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran STEM pada materi kelistrikan dengan menggunakan eksperimen berbasis Arduino-Android Game terhadap literasi STEM siswa kelas 8.Pembelajaran STEM dipilih sebagai pendekatan dalam penelitian ini dengan mengembangkan rencana program pembelajaran berbasis STEM, lembar kerja eksperimen Android Game, YWRobot, dan Arduino Uno serta tes berbasis literasi STEM. Analisis penelitian ini difokuskan pada pengaruh implementasi pembelajaran STEM melalui rencana program pembelajaran dan lembar kerja eksperimen terhadap literasiSTEM siswa kelas 8 mengenai topik kelistrikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre - experimental dengan menggunakan satu kelompok pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dari salah satu SMP swasta di Kabupaten Bogor. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes berbasis literasi STEM (pretest dan posttest) yang dibuat dan mengacu pada 4 aspek literasi STEMberdasarkan Zollman (2012). Data diolah oleh Anates 4.10 dan SPSS versi 17.0. Kemudian data dianalisis berdasarkan masing-masing aspek literasi STEM seperti sains, teknologi, engineering dan matematika. Nilai g ̅ siswa dari hasil pretest-posttest literasi STEM adalah -0.06, -0.12, -0.06, -0.87 untuk sains, teknologi, engineering dan matematika secara berurutan. Hasilnya menyatakan bahwa penerapan pembelajaran STEM kurang optimal meningkatkan literasi sains, teknologi, engineering dan matematika. Alasannya karena penerapan pembelajaran STEM tidak dilaksanakan secara kontinu. Sehingga literasi sains, teknologi, engineering, dan matematika terkait materi kelistrikan kurang tersampaikan dengan baik, Kata kunci: STEM Learning, Literasi STEM, Android Game, YWRobot, Arduino Uno, Listrik. STEM is interdisciplinary approach provided learning atmosphere where students can use science, technology, engineering and math in daily life. The aim of STEM is educating the students to be STEM Literate. This research goal was to investigate STEM Learning on electricity using Arduino-Android Game based experiment towards 8th grade students' STEM Literacy. STEM Learning was chosen as an approach in this research by the consideration that it was developed through Android Game, YWRobot, and Arduino Uno experiment lesson plan and worksheet. The analysis of this research was focused on the effect of STEM learning implementation through lesson plan and worksheet to 8th grade students' STEM Literacy on electricity topic. The method used in this research was pre - experimental with one group pretest-posttest design. The sample in this research is one class from in one of the private junior high school in Bogor Regency. The data of this research was obtained from STEM Literacy objective test (pretest and posttest) based on Allan Zollman. The data was processed by Anates 4.10 and SPSS version 17.0. Then the data was analyzed based on each aspects of STEM Literacy such as science, technology, engineering and mathematics. The value of g ̅ from students' STEM Literacy pretest-posttest are -0.06, -0.12, -0.06, -0.87 for science, technology, engineering and mathematics literacy respectively. The result implies that STEM Learning implementation was less optimal to improve science, mathematics, technology and engineering literacy. The reason was because STEM Learning implementation was not implement in continuously. Therefore, science, technology, engineering, and technology literacy regarding electricity topic are emphasized less optimally, Keywords : STEM Learning, STEM Literacy, Android Game, YWRobot, Arduino Uno, Electricity. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31291/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31291/