PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan pada peserta didik kelas IV salah satu sekolah dasar di kota Bandung. Hasil pengamatan menunjukan dalam pembelajaran matematika 60.6% dari 33 orang peserta didik memiliki hasil belajar rendah yang belum mencapai KKM sebesar 70. Rendahnya pemaham...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Desi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31314/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan pada peserta didik kelas IV salah satu sekolah dasar di kota Bandung. Hasil pengamatan menunjukan dalam pembelajaran matematika 60.6% dari 33 orang peserta didik memiliki hasil belajar rendah yang belum mencapai KKM sebesar 70. Rendahnya pemahaman konsep menjadi faktor penyebab peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini menerapkan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. (2) Peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase pemahaman konsep matematika sebesar 75.76% dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 57.6%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase pemahaman konsep matematika sebesar 90.91% dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas IV.----------This researvh is motivated by the result of observation at the 4 th grade student at one of elementary school in Bandung. The result tell that in mathematic learning, 60.6% of 33 students have the low rate result which isn't reach KKM at 70. The low rate of comprehension in mathematic concept becomes one of factor why the students get the low rate result in mathematic. According to those problems, this research applying cooperative learning model type STAD to improve the comprehension of mathematic concept. This research aims to know about: (1) application of cooperative learning type STAD to improve the comprehension of mathematic concept; (2) the increasement the result of mathematic learning of student using cooperative learning model type STAD. The method that used in this research is Kemmis and Mc Taggart model that held in two cycles. The result at cycle I shosws the percentage of comprehension in mathematic concept at 75.76% with the percentage of learning attainment at 57.6%. Then, it gets the improvement in cycle II with the percentage of comprehension in mathematic concept at 90.91% with the percentage of learning attainment at 87.9%. According that research resut, it could conclude that the application of cooperative learning model type STAD could improve the comprehension in mathematic concept in 4 th grade students.
Item Description:http://repository.upi.edu/31314/1/S_PGSD_1304288_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31314/2/S_PGSD_1304288_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31314/3/S_PGSD_1304288_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31314/4/S_PGSD_1304288_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31314/5/S_PGSD_1304288_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31314/6/S_PGSD_1304288_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31314/7/S_PGSD_1304288_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31314/8/S_PGSD_1304288_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31314/9/S_PGSD_1304288_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31314/10/S_PGSD_1304288_Appendix.pdf