IDENTIFIKASI KEPRIBADIAN SESEORANG BERDASARKAN MODEL MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) MENGGUNAKAN DECISION TREE BERBASIS VIDEO GAMES

Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentunya memiliki kepribadian yang berbeda - beda dengan yang lainnya. Untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki tentunya harus melakukan tes untuk mendapatkan hasil tentang kepribadian diri sendiri. Metode MBTI(Myers-Briggs Type Indicator) adalah salah satu m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setiawan, Mohamad Firmansyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31352/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Setiap manusia yang hidup di dunia ini tentunya memiliki kepribadian yang berbeda - beda dengan yang lainnya. Untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki tentunya harus melakukan tes untuk mendapatkan hasil tentang kepribadian diri sendiri. Metode MBTI(Myers-Briggs Type Indicator) adalah salah satu metode untuk mengetahu kepribadian dengan cara memberikan soal tes dan hasil dari tes tersebut akan memberikan 1 kepribadian dari 16 kepribadian yang ada dalam MBTI. .Video games adalah sebuah permain yang dimainkan di layar menggunakan komputer. Video games banyak digemari oleh banyak orang dari anak - anak sampai orang tau hampir semua menyukai video games. RPG(Role-Playing Games) adalah salah satu genre video games yang menyelesaikan video games dengan cara pemain diberikan karakter yang pemainnya inginkan. Penelitian yang akan dilakukan ini akan membuat sebuah video games genre RPG yang dapat mengetahui kepribadian seseorang menggunakan metode MBTI. Untuk mengetahui kepribadian dari metode MBTI ini diberikan soal di video games ini namun soal tes metode MBTI ini terbilang banyak oleh karena itu diperlukan implementasi decision tree dengan metode C4.5 untuk mendapatkan soal MBTI yang lebih efektif dan efisien yang nantinya akan dilihat akurasi dari hasil penelitian yang dibuat dengan hasil dari tes MBTI yang sebelumnya telah dilakukan. Kata kunci: Video games, MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), RPG(Role-Playing Games), Decision tree ,Metode C4.5., Every human who lives in this world certainly has a different personality from the others. To know the personality must have a test to get results about the personality of yourself. The MBTI Method (Myers-Briggs Type Indicator) is one of the methods to know personally by giving test questions and the results of the test will give 1 personality of 16 personalities in MBTI. Video games are a game played on the screen using a computer. Video games are popular with many people from children - children until almost all people love video games. RPG (Role-Playing Games) is one of the genres of video games that solve video games by means of players given the characters that the player wants. The research will create a video games genre RPG that can know the personality of someone using MBTI method. To know the personality of the MBTI method is given a problem with this video game, but the test method of MBTI is somewhat much question therefore it is necessary implementation of decision tree with C4.5 method to get MBTI problem more effective and efficient which will be seen accuracy from result of research which was made with the results of the MBTI tests that had previously been done. Keywords: Video games, MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), RPG (Role-Playing Games), Decision tree, Method C4.5.
Item Description:http://repository.upi.edu/31352/1/S_KOM_1002382_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31352/2/S_KOM_1002382_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31352/3/S_KOM_1002382_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31352/4/S_KOM_1002382_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31352/5/S_KOM_1002382_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31352/6/S_KOM_1002382_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31352/7/S_KOM_1002382_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31352/8/S_KOM_1002382_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31352/9/S_KOM_1002382_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31352/10/S_KOM_1002382_Appendix.pdf