PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA PESERTA DIDIK TUNARUNGU : Single Subject Research Pada Peserta Didik Kelas III SD di SLB A B C dan Autis Lembang

Anak tunarungu adalah anak yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh kerusakan atau tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran sehingga ia mengalami hambatan dalam perkembangan bahasanya. Dalam penelitian ini yang menjadi variable bebasnya adal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Armila, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3144/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Anak tunarungu adalah anak yang mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan mendengar yang disebabkan oleh kerusakan atau tidak berfungsinya sebagian atau seluruh alat pendengaran sehingga ia mengalami hambatan dalam perkembangan bahasanya. Dalam penelitian ini yang menjadi variable bebasnya adalah penggunaan animasi power point dan variable terikatnya adalah meningkatkan kosakata peserta didik tunarungu kelas III SD Di SLB A B C dan Autis Lembang. Kenyataan dilapangan peneliti menemukan peserta didik tunarungu yang mengalami kesulitan dalam kosakata.Tujuan peneliti melatih membaca kosakata kepada peserta didik agar peserta didik tunarungu dapat meningkat kosakatanya agar peserta didik mudah berkomunikasi dengan teman sebayanya karena sudah memiliki kata- kata yang luas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SSR (sigle subject research).Desain yang digunakan adalah desain A-B-A A-1 (Baseline A-1), B (Intervensi), A-2 (Baseline A-2). Penelitian kuantitatif dengan jenis SSR ini dilakukan sebanyak 3 fase/ sesi yang sesi pertama dilakukan dengan A-1 (Baseline A-1) sebanyak empat sesi, B (Intervensi) dilakukan sebanyak delapan sesi,dan A-2 (Baseline A-2) sebanyak empat sesi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media animasi power point ini dapat meningkatkan kosakata peserta didik tunarungu.Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan media animasi power point sebagai media pembelajaran, media peneliti lain agar bisa dijadikan reverensi untuk peneliti berikutnya.---------- A child with hearing impairment is a child who is experiencing a deficiency or loss of hearing ability caused by damage or malfunction of some or all of the hearing instrument so that he experiences obstacles in the development of his language. In this study, the free variable is the use of power point animation and the dependent variable is increasing the vocabulary of students of deaf class III SD In SLB A B C and AutisLembang. The fact in the field of researchers found students with hearing impaired who have difficulty in the vocabulary. Purpose of the researcher trained to read the vocabulary to learners so that students with hearing impairment can increase vocabulary so that learners easily communicate with peers because it already has a broad words.Method used in research this is the method of SSR (sigle subject research). The design used is ABA A-1 design (Baseline A-1), B (Intervention), A-2 (Baseline A-2). Quantitative research with this type of SSR was conducted in 3 phases / sessions with the first session conducted with A-1 (Baseline A-1) for four sessions, B (Intervention) was conducted in eight sessions, and A-2 (Baseline A-2) four sessions. Based on the research results can be concluded that the power point animation media can increase the vocabulary of students deaf. Researchers suggest to teachers to use the media animation power point as a medium of learning, media other researchers to be used as reverensi for the next researcher. Keywords: Deaf students, vocabulary, power point animation
Item Description:http://repository.upi.edu/31404/1/S_PKH_1307895_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31404/3/S_PKH_1307895_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31404/4/S_PKH_1307895_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31404/5/S_PKH_1307895_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31404/6/S_PKH_1307895_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31404/7/S_PKH_1307895_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31404/8/S_PKH_1307895_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31404/9/S_PKH_1307895_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31404/10/S_PKH_1307895_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/31404/11/S_PKH_1307895_Abstract_v1.pdf