PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA SISWA SMA PADA PRAKTIKUM HUKUM KEKEKALAN MASSA DENGAN TEKNIK SELF DAN PEER ASSESSMENT

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja siswa SMA pada praktikum hukum kekekalan massa dengan Teknik self dan peer assesment yang memiliki kualitas (validitas dan realibilitas) serta keterlaksanaan yang baik. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 7 indikator, 24 t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Firmansyah, Dea Rian (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-07-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3141/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja siswa SMA pada praktikum hukum kekekalan massa dengan Teknik self dan peer assesment yang memiliki kualitas (validitas dan realibilitas) serta keterlaksanaan yang baik. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 7 indikator, 24 task dan rubric. Metode yang digunakan yaitu metode pengembangan dan validasi yang mengacu dan memodifikasi metode dari Adams & Wieman (2010). Terdapat 4 langkah penelitian yaitu perencanaan, pengembangan, validasi dan uji coba. Langkah perencanaan dan pengembangan dilakukan untuk mengetahui proses pengembangan instrumen. Langkah validasi dilakukan untuk menentukan kualitas instrumen. Kualitas instrumen yang dikembangkan memiliki validitas isi sangat baik dengan nilai CVR = 1 untuk seluruh butir task dan rubrik sehingga dinyatakan valid. Nilai reliabilitas instrumen diperoleh melalui dua kali observasi yaitu pada empat dan enam siswa setiap kelompok dengan tiga observer yang sama. Nilai tersebut menunjukan bahwa instrumen reliabel. Jumlah optimal siswa yang dapat diamati oleh observer yaitu empat orang. Uji coba dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan instrumen dengan menganalisis nilai correlation pearson dan mengintrepretasikan hasil angket siswa. Berdasarkan uji coba terdapat kesamaan nilai siswa (self dan peer assessment) dengan nilai observer karena seluruh nilai correlation pearson diatas batas minimal yaitu 0,25. Seluruh siswa merespon baik terhadap instrumen yang digunakan dengan interpretasi skor angket >90% atau kategori sangat baik.----------The purpose of this research is to develop the instrument assessment of the high school students performance assessment in the practice of the law of mass conservation technique on self and peer assessment that have a good quality (validity and reability) and an implementation. The instrument components developed consist of task and rubric. The method that used is development and validation method which is refers and modify from Adams and Wieman (2010) method. Four steps of research are planning, developing, validation, and trials. Planning and developing step is done to know the process of instrument development. The validation step is done to determine the quality of the instrument. The quality of developed instrument have a good content of validity with value CVR = 1 for all items task and rubric so it declared as valid. Value of the instrument reability obtained from twice observation that are at four and six students every group with three same observers. That value shows that the instrument is reliable. Optimum amount of the students that can be observed are four students. The trials is done to know the instrument implementation with analyze value correlation pearson and interpret the student questionnaire results. Based on the trials there are similarity in the students' scores (self and peer assessment) with the observer score because all of the correlation pearson value above the minimum limit which is 0.25. All of the students respond is well to the instrument that used with the interpretation of questionnaire scores >90% or very well category.
Item Description:http://repository.upi.edu/31410/1/S_KIM_1301425_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31410/2/S_KIM_1301425_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31410/3/S_KIM_1301425_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31410/4/S_KIM_1301425_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31410/5/S_KIM_1301425_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31410/6/S_KIM_1301425_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31410/7/S_KIM_1301425_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31410/8/S_KIM_1301425_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31410/9/S_KIM_1301425_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31410/10/S_KIM_1301425_Appendix.pdf