EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG : Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Tingkat 4 STIKes Cirebon

Model ARIAS yaitu dengan menumbuhkan kepercayaan diri siswa, mengaitkan materi dengan kehidupan siswa, menumbuhkan minat, mengevaluasi, serta memberikan penghargaan kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran ARIAS dalam meni...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aryani, Desy (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31476/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Model ARIAS yaitu dengan menumbuhkan kepercayaan diri siswa, mengaitkan materi dengan kehidupan siswa, menumbuhkan minat, mengevaluasi, serta memberikan penghargaan kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran ARIAS dalam meningkatkan hasil belajar bahasa jepang. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 4 stikes cirebon, 28 mahasiswa regular b sebagai kelas eksperimen dan 28 mahasiswa regular a sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa jepang kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah menggunakan model ARIAS. Namun, tidak terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang menggunakan model ARIAS dan yang menggunakan model konvensional.----------The ARIAS model is to cultivate students' self-confidence, to relate the material to the student's life, to cultivate interest, to evaluate, and to give reward for students. This research is an experimental to find out the effectiveness of ARIAS learning model application to improve japanese learning results. Samples are students of level 4 STIKes Cirebon, 28 students of B class as an experimental class and 28 students of A class as a control class. The results showed that the Japanese learning result of experimental class has increased after using ARIAS model. However, there is no significant comparison between students learning result of using ARIAS model and those using conventional model.
Item Description:http://repository.upi.edu/31476/1/T_JPG_1503193_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31476/2/T_JPG_1503193_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31476/3/T_JPG_1503193_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31476/4/T_JPG_1503193_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31476/5/T_JPG_1503193_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31476/6/T_JPG_1503193_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31476/7/T_JPG_1503193_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31476/8/T_JPG_1503193_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31476/9/T_JPG_1503193_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31476/10/T_JPG_1503193_Appendix.pdf