PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWMENGGUNAKAN MEDIA KARET BAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK KAKI TENDANGAN SABIT DALAM PEMBELAJARAN PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV di SDN Gegerkalong 1 KPAD

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keterampilan gerak kaki tendangan sabit siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan penggunaan media karet ban dalam pembelajaran pencak silat. Metode penelitian yang digunakan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fajari, Agung Moh (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3148/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04808 am a22003133u 4500
001 repoupi_31480
042 |a dc 
100 1 0 |a Fajari, Agung Moh.  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWMENGGUNAKAN MEDIA KARET BAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK KAKI TENDANGAN SABIT DALAM PEMBELAJARAN PENCAK SILAT DI SEKOLAH DASAR : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV di SDN Gegerkalong 1 KPAD 
260 |c 2017-08-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/1/S_SDP_1301833_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/2/S_SDP_1301833_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/3/S_SDP_1301833_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/4/S_SDP_1301833_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/5/S_SDP_1301833_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/6/S_SDP_1301833_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/7/S_SDP_1301833_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/8/S_SDP_1301833_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/9/S_SDP_1301833_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31480/10/S_SDP_1301833_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keterampilan gerak kaki tendangan sabit siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan penggunaan media karet ban dalam pembelajaran pencak silat. Metode penelitian yang digunakan melalui metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Teggart. Penelitian terdiri atas beberapa tahapan, yaitu sebagai berikut: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tempat penelitian di Sekolah Dasar Negeri Gegerkalong I KPAD Kota Bandung dengan objek penelitian siswa kelas IV berjumlah 28 siswa. Proses penelitian dibagi menjadi II siklus yang terdiri atas IV tindakan. Setiap tindakan menggunakan berbagai tugas gerak yang dikemas dalam bentuk tugas gerak yang berlevel dan bertahap dari yang termudah sampai yang tersulit. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Skala Penilaian (Rating Scala). Kemudian semua data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik persentase. Nilai rata-rata keseluruhan data awal adalah 36,14% dan siklus I tindakan I adalah 42,64%, siklus I tindakan II adalah 51,14%, siklus II tindakan I adalah 62,14%, dan siklus II tindakan II adalah 71,57%. Dari rata-rata aspek keterampilan gerak kaki tendangan sabit berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan gerak kaki tendangan sabit. Sebagai saran dari hasil penelitian, dalam pemberian materi pembelajaran pencak silat, hendaknya diberikan secara bertahap dari yang termudahsampai yang tersulit. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, This study aims to examine the sickle kick motion skills of students through the application of cooperative learning model of jigsaw and use of rubber tire media in learning pencak silat. The method used by classroom action research method by applying research design developed by Kemmis and Teggart. The research consisted of several stages, as follows: (1) planning action, (2) implementation of the action, (3) observation, and (4) reflection. Place of research at State Elementary School Gegerkalong I KPAD Bandung with the object of research students of class IV were 28 students. The research process was divided into II cycle consisting of IV action. Each action uses a variety of motion tasks are packaged in the a form of motion duty that is level from the easiest to the most difficult. Data were collected using instruments Ranting Scala. Then all the data collected was analyzed using percentages techniques. The overall average value of the initial data is 36,14% and the first cycle of action I is 42,64%, the first cycle of action II is 51,14%, the second cycle of action I is 62.14%, and the second cycle of action II is 71.57%. Of the average aspect sickle kick motion skills based on the analysis of data, in can be concluded through the implementation of cooperative learning model of jigsaw using rubber tire media can improve the skills of the sickle kick motion skills. As a suggestion from the research results, in the provision of learning materials pencak silat, be given in stages from the easiest to the most difficult. Keywords: Model of Cooperative Learning Type Jigsaw 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31480/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3148/