PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SDLB N A CITEUREUP CIMAHI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu matematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu kelas 1 SD. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam mengembangkan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Miranda, Trya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31496/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu matematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu kelas 1 SD. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam mengembangkan ilmu pendidikan khusus yang berkaitan dengan penggunaan permainan kartu matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu kelas 1 SD di SLB Negeri A Citeureup Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Single Subject Research (SSR), desain A-B-A. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif penggunaan permainan kartu matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan mean level kemampuan anak tunarungu mulai dari baseline (A1) sebesar 30%, intervensi (B) sebesar 81,10%, dan baseline (A2) sebesar 92,22%. Penelitian ini dapat dijadikan suatu media alternatif yang dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu yang memiliki kasus yang sama. Kata Kunci :Tunarungu, Permainan Kartu Matematika, Pemahaman Lambang Bilangan 1 sampai 10, The purpose of this study is to determine the effect of mathematical game use in improving the ability of understanding the symbols of numbers 1 to 10 in children with hearing impaired grade 1 elementary school. Theoretically, the result of this research is expected to be a unity of thinking in developing special education science related to the use of mathematics game to improve the ability of understanding the symbol of the numbers 1 to 10 in children with hearing impairment grade 1 at SLB NegeriACiteureupCimahi. This research uses experimental method with Single Subject Research (SSR), design A-B-A. Based on the results of the research, there is a positive influence of the use of mathematical games to improve the ability of understanding the symbols of numbers 1 to 10 in children with hearing impairment. This can be seen from the increase of the average of the accuracy level starting from the baseline (A1) by 30%, the intervention (B) is 81.10%, and the baseline (A2) is 92.22%. This research can be used as an alternative media that can help teachers in improving the ability of understanding the number 1 to 10 symbol on the deaf children who have the same case. Keywords: Deaf, Math Card Game, Understanding SymbolNumbers 1 through 10
Item Description:http://repository.upi.edu/31496/1/S_PKH_1307887_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31496/2/S_PKH_1307887_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31496/3/S_PKH_1307887_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/31496/4/S_PKH_1307887_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31496/5/S_PKH_1307887_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31496/6/S_PKH_1307887_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31496/7/S_PKH_1307887_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31496/8/S_PKH_1307887_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31496/9/S_PKH_1307887_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31496/10/S_PKH_1307887_Appendix.pdf