PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SDLB N A CITEUREUP CIMAHI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu matematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu kelas 1 SD. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam mengembangkan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2017-08-30.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/31496/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 03952 am a22003133u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repoupi_31496 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Miranda, Trya |e author |
245 | 0 | 0 | |a PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN 1 SAMPAI 10 PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SDLB N A CITEUREUP CIMAHI |
260 | |c 2017-08-30. | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/1/S_PKH_1307887_Title.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/2/S_PKH_1307887_Abstract.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/3/S_PKH_1307887_Table_of_content.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/4/S_PKH_1307887_Chapter1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/5/S_PKH_1307887_Chapter2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/6/S_PKH_1307887_Chapter3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/7/S_PKH_1307887_Chapter4.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/8/S_PKH_1307887_Chapter5.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/9/S_PKH_1307887_Bibliography.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/31496/10/S_PKH_1307887_Appendix.pdf | ||
520 | |a Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu matematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu kelas 1 SD. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam mengembangkan ilmu pendidikan khusus yang berkaitan dengan penggunaan permainan kartu matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu kelas 1 SD di SLB Negeri A Citeureup Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Single Subject Research (SSR), desain A-B-A. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif penggunaan permainan kartu matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan mean level kemampuan anak tunarungu mulai dari baseline (A1) sebesar 30%, intervensi (B) sebesar 81,10%, dan baseline (A2) sebesar 92,22%. Penelitian ini dapat dijadikan suatu media alternatif yang dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman lambang bilangan 1 sampai 10 pada anak tunarungu yang memiliki kasus yang sama. Kata Kunci :Tunarungu, Permainan Kartu Matematika, Pemahaman Lambang Bilangan 1 sampai 10, The purpose of this study is to determine the effect of mathematical game use in improving the ability of understanding the symbols of numbers 1 to 10 in children with hearing impaired grade 1 elementary school. Theoretically, the result of this research is expected to be a unity of thinking in developing special education science related to the use of mathematics game to improve the ability of understanding the symbol of the numbers 1 to 10 in children with hearing impairment grade 1 at SLB NegeriACiteureupCimahi. This research uses experimental method with Single Subject Research (SSR), design A-B-A. Based on the results of the research, there is a positive influence of the use of mathematical games to improve the ability of understanding the symbols of numbers 1 to 10 in children with hearing impairment. This can be seen from the increase of the average of the accuracy level starting from the baseline (A1) by 30%, the intervention (B) is 81.10%, and the baseline (A2) is 92.22%. This research can be used as an alternative media that can help teachers in improving the ability of understanding the number 1 to 10 symbol on the deaf children who have the same case. Keywords: Deaf, Math Card Game, Understanding SymbolNumbers 1 through 10 | ||
546 | |a en | ||
690 | |a LB Theory and practice of education | ||
690 | |a LB1501 Primary Education | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu/31496/ | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.upi.edu/31496/ |