PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Pembelajaran adalah proses penyampaian pengetahuan yang dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan kepada siswa . Dalam prosesnya banyak mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, salah satunya IPS . IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk diajarkan kepada siswa . Pada kenya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Haerani, Afrida (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-16.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31514/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pembelajaran adalah proses penyampaian pengetahuan yang dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan kepada siswa . Dalam prosesnya banyak mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, salah satunya IPS . IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk diajarkan kepada siswa . Pada kenyataannya banyak siswa mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan, terutama jenjang SD . Hal itu berdampak pada hasil belajar yang kurang dari KKM. Maka, perlu adanya upaya meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPS. Penelitian yang digunakan adalah PTK dengan desain model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Partisipan adalah siswa kelas V SD sebanyak 17 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, LK dan dokumentasi. Hasil belajar siswa menjawab benar pada indikator pertama 94% siklus I dan menurun pada siklus II menjadi 82,17%. Indikator kedua pada siklus I sebesar 55,88% naik menjadi 100%. Indikator ketiga menurun dari 82,35% menjadi 79,41%. Pada siklus I hanya ada 10 siswa yang tuntas atau sekitar 58%. Siklus II mengalami kenaikan yang sangat baik menjadi 17 siswa yang tuntas 100% pada materi ini Maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang baik melalui penarapan model pembelajaran modeling the way.----------Learning is the process of delivering knowledge that is implemented by giving knowledge to students. In that process many subjects that must be learned by students, one of them social subject (IPS). IPS is one of the important subjects to be taught for students. In a fact many students have problem for understanding the material delivered, especially the elementary level. It affects less learning result than KKM. So, we have to improve learning result. This study aims to improve the learning result of students for 5th grade of elementary school in IPS subjects. The research used is Classroom Research (PTK) model design from Kemmis and Taggart which consist of 2 cycles. Participants are 17 students of elementary school. The instruments of data collection used were observation sheet, LK and documentation. On the first indicator, learning result of student who answer correctly 94% cycle I and decreased in cycle II to 82.17%. The second indicator is 55.88% for cycle I and increased to 100%. The third indicator decreased from 82.35% to 79.41%. In the first cycle there are only 10 students who complete or about 58%. Cycle II has a very good increase to 17 students who complete 100% in this material. So it can be concluded that the students's learning mastery in cycle I and cycle II has improved both through the modeling the way of coopeartive learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/31514/1/S_PGSD_1304213_Title.pdf
http://repository.upi.edu/31514/2/S_PGSD_1304213_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/31514/3/S_PGSD_1304213_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/31514/4/S_PGSD_1304213_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/31514/5/S_PGSD_1304213_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/31514/6/S_PGSD_1304213_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/31514/7/S_PGSD_1304213_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/31514/8/S_PGSD_1304213_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/31514/9/S_PGSD_1304213_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/31514/10/S_PGSD_1304213_Appendix.pdf