MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI KAMPIUN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI PENANAMAN NILAI BUDI PEKERTI ANAK: studi pada program parenting di tk gagasceria kota bandung.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program parenting yang diselenggarakan oleh TK GagasCeria Kota Bandung yang berorientasi pada pembentukan karakter anak melalui penanaman nilai-nilai budi pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan program parenting dalam m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ismawati, Kiki Esti, Kiki (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31584/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04500 am a22002893u 4500
001 repoupi_31584
042 |a dc 
100 1 0 |a Ismawati, Kiki Esti, Kiki  |e author 
245 0 0 |a MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI KAMPIUN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI PENANAMAN NILAI BUDI PEKERTI ANAK: studi pada program parenting di tk gagasceria kota bandung. 
260 |c 2018-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/1/S_PLS_1306085_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/2/S_PLS_1306085_Table_of_Contennt.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/3/S_PLS_1306085_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/4/S_PLS_1306085_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/5/S_PLS_1306085_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/6/S_PLS_1306085_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/7/S_PLS_1306085_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/8/S_PLS_1306085_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/9/S_PLS_1306085_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31584/10/S_PLS_1306085_Appedix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program parenting yang diselenggarakan oleh TK GagasCeria Kota Bandung yang berorientasi pada pembentukan karakter anak melalui penanaman nilai-nilai budi pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan program parenting dalam meningkatkan pemahaman orangtua mengenai penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui model pembelajaran klarifikasi nilai KAMPIUN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskripstif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, Subjek penelitian ini berjumlah tiga belas orang, tiga orang merupakan subjek kualitatif yang terdiri dari pengelola program, pendidik, dan orangtua. Sedangkan sepuluh orang subjel kuantitatif yang merupakan seluruh peserta program parenting. Lokasi penelitian yaitu di Lingkungan TK GagasCeria Kota Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket. Temuan dari penyelenggaraan program parenting adalah 1) Perencanaan yaitu penyusunan program dilakukan oleh pengelola dengan melihat permasalahan yang terjadi dilingkukan sekolah, sehingga program yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta. 2) Pelaksanaan program parenting ini menggunakan model pembelajaran klarifikasi nilai masyarakat yang dipilih beberapa nilai yang relevan dengan anak usia dini yaitu nilai kreatif, amanah , mandiri, percaya diri, inovatif dan unggul disingkat dengan nilai KAMPIUN. 3) Hasil dari program parenting klarifikasi nilai yaitu adanya peningkatan pemahaman orangtua dalam menanamkan nilai-nilai budi pekerti pada anak.---------- This research is motivated by a parenting program that organized by TK GagasCeria Bandung which is oriented to the character building of children through the inculcation of moral values. The purpose of this research is to know the implementation of parenting program in improving parent understanding about the cultivation of moral values through KAMPIUN value clarification learning model. The method that used in this research is descriptive method with qualitative and quantitative approach. The subject of this research is 13 people, 3 people are qualitative subject consisting of program managers, educators, and parents.10 subjects are quantitative subjects who are all parenting participants. The data collection are used interviews, observations, documentation studies and questionnaires technuiqe. Findings from the implementation of parenting programs are 1) Planning is the preparation of programs performed by managers by looking at the problems that occur in the school's circle, so that the program implemented in accordance with the needs of participants. 2) The implementation of this parenting program uses a community value clarification learning model that selected some values relevant to early childhood that is creative, trustworthy, self-reliant, self-confident, innovative and superior value abbreviated as KAMPIUN value. 3) The result of the parenting program of value clarification is the increase of parental understanding in instilling the values of character in the child. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31584/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31584/