PENGGUNAAN METODE KATA LEMBAGA DALAM MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB D YPAC BANDUNG

Cerebral palsy merupakan gangguan fungsi motorik yang terjadi karena kerusakan pada otak. Akibat kerusakan otak yang dialaminya, anak cerebral palsy mengalami masalah dalam belajarnya salah satunya membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan membaca permulaan sebelum, sel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fiddini, Nur Afiyata (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-08-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/31615/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04326 am a22003133u 4500
001 repoupi_31615
042 |a dc 
100 1 0 |a Fiddini, Nur Afiyata  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN METODE KATA LEMBAGA DALAM MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB D YPAC BANDUNG 
260 |c 2017-08-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/1/S_PKH_1301187_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/2/S_PKH_1301187_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/3/S_PKH_1301187_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/4/S_PKH_1301187_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/5/S_PKH_1301187_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/6/S_PKH_1301187_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/7/S_PKH_1301187_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/8/S_PKH_1301187_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/9/S_PKH_1301187_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/31615/10/S_PKH_1301187_Appendix.pdf 
520 |a Cerebral palsy merupakan gangguan fungsi motorik yang terjadi karena kerusakan pada otak. Akibat kerusakan otak yang dialaminya, anak cerebral palsy mengalami masalah dalam belajarnya salah satunya membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan membaca permulaan sebelum, selama, dan setelah diberikan intervensi dengan menggunakan metode kata lembaga. Subjek pada penelitian ini berjumlah satu orang yaitu anak cerebral palsy berinisial FZ mengalami hambatan pada kemampuan membaca permulaannya. Metode kata lembaga dalam pembelajarannya anak diperkenalkan pada kata yang sering didengarnya, bendanya sudah pernah dilihat bahkan dimilikinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mean level pada membaca suku kata mengalami peningkatan dari 28,88 sebelum diberikan intervensi menjadi 79,04 setelah intervensi. Mean level pada kemampuan membaca kata mengalami peningkatan dari 56,66 sebelum intervensi menjadi 92,22 setelah diberikan intervensi. Pada membaca kalimat sederhana juga mengalami peningkatan mean level dari 55,20 sebelum diberikan intervensi menjadi 94,79 setelah intervensi. Dengan demikian bahwa penggunaan metode kata lembaga dapat meningkatkan membaca permulaan anak cerebral palsy. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan ilmu, dan menjadi pertimbangan bagi guru untuk menggunakan metode kata lembaga dalam pembelajaran membaca. ---------- Cerebral palsy is a kind of impaired motor function that is happened because of some damaging in the brain. Due to the damage brain experienced by the child, cerebral palsy child has some trouble in the child's learning process and one of them is reading. The amount of participant in this research is one person, that is cerebral palsy child with the initials FZ had some obstacles in the child's initiation reading ability. Institute word method, in the learning process, the child was introduced to a word the child often hears, the object has been seen by the child, and it even owned by the child. The methodology used in this research was Single Subject Research (SSR) with A-B-A research design. The result of this study showed that the mean level in reading syllable increased from 28,88 before being given an intervention into 79,04 after the intervention. The mean level of the word reading ability increased from 56,66 before an intervention to 92, 22 after being given the intervention. There was also an enhancement of mean level in reading simple sentence, from 55,20 before being given an intervention to 94,79 after the intervention. Therefore, the use of initiation word method is able to improve cerebral palsy child's initiation reading. This research is hoped to be able to become a contribution of science and become a consideration for teachers to use the word institute methodology in the reading learning process. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/31615/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/31615/